mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

9 Ide Bisnis Online Untuk Pemula, Bisa Hasilkan Cuan!

Konten [Tampil]
9 Ide Bisnis Online Untuk Pemula, Bisa Hasilkan Cuan!

Sering kali banyak konten yang menunjukan seseorang berhasil sukses berbisnis dari resign kerja kantoran. Banyak yang berfikir memiliki bisnis sendiri lebih baik dibandingkan bekerja pada perusahaan orang lain. Ide bisnis online untuk pemula ternyata banyak pilihannya loh.

Semuanya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai bisnis online untuk pemula. Yuk kita cari tahu lebih lanjut !

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

9 Ide Bisnis Online Untuk Pemula, Bisa Hasilkan Cuan!

Berkat digitalisasi saat ini, semua orang sudah bisa melakukan apa saja menggunakan internet. Tidak ada batasan usia untuk bisa mengaksesnya. Termasuk memulai sebuah bisnis yang dilakukan secara online.

Siapa saja bisa mengambil peluang memulai bisnis online dengan modal kecil, bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan hanya modal rebahan dan pegang hp udah bisa. 

Cukup menggiurkan untuk sebagian orang. Namun, sebelum memulai bisnis online ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

1. Cari Apa yang Disukai

Biasanya suka bingung ingin memulai bisnis tapi dari mana dan bidang apa. Dari pada kebingungan, coba menggali hal apa yang disukai oleh diri sendiri. 

Lebih baik melakukan sesuatu dari hal yang disukai lebih dulu. Dengan begitu saat memulai bisa lebih mudah.

Misalnya, hal yang disukai adalah memasak. Bisa dengan mencoba berjualan makanan hasil masakan sendiri. Saat memulai usaha dari awal kalian akan lebih enjoy dan menyenangkan. 

2. Tentukan Jenis Produk yang Akan dijual

Setelah mengetahui bidang apa yang akan ditekuni dalam bisnis online. Selanjutnya, kalian perlu menentukan jenis produk apa yang dijual. 

Perlu mempertimbangkan produk yang banyak dicari orang sehingga memungkinkan peluang daya pembelinya besar. 

Saat ini sudah banyak produk yang ditawarkan secara online. Mulai dari produk kecil-kecil yang biasa digunakan sehari-hari, seperti aksesoris, makanan, skincare. Hingga produk elektronik, peralatan rumah dan sebagainya juga ditawarkan melalui online.

Tinggal pilih ingin fokus ke produk yang ditawarkan dalam memulai bisnis online.

3. Menggali Potensi 

Saat memulai bisnis online, penting untuk melihat potensi perkembangan sebuah usaha. Tidak hanya memperhatikan daya tarik masyarakat yang membeli saat ini, tapi perlu juga mempertimbangkan secara jangka panjang.

Jangan sampai menentukan bisnis hanya dalam waktu singkat atau saat viral saja. Agar bisnis yang dijalankan aman dan sukses, perlu melihat potensi peluang dalam jangka waktu panjang.

4. Melakukan Riset Pasar

Poin penting lainnya saat memulai bisnis online adalah melakukan riset pasar. Riset yang dilakukan berupa target siapa pembeli produk yang akan dijual. Memperhatikan kebutuhan dan hal yang disukai dari target pembelinya.

Selain itu, perlu juga melakukan riset brand pesaing. Sebaiknya, kalian bisa memberikan sesuatu yang unik dan berbeda dari produk yang ditawarkan.

5. Siap Menjalankan Proses

Hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis online dari semua usaha dilakukan adalah siap menjalankan proses yang panjang, baik kegagalan atau kesuksesan. 

Perlu diketahui bahwa dalam menjalankan bisnis apalagi secara online tidak akan berjalan mulus dengan cepat. Pasti akan ada lika-liku selama berbisnis. 

Siap menjalankan proses berbisnis dari nol, dari memulai baru mengenalkan produk yang dijual. Kritikan dari pembeli pertama, sepinya pembeli, hingga terus melakukan improvement sampai berhasil dan sukses.

Itulah beberapa tips sebelum memulai bisnis online. Agar siap menjalankan bisnis online lebih baik. 

Nah, sekarang saatnya membahas ide bisnis online untuk pemula yang bisa menjadi pilihan. Tentu, ide bisnis ini bisa menghasilkan cuan lebih baik. Memiliki potensi yang cukup besar dan hanya membutuhkan modal lebih sedikit. 

Ide Bisnis Online Untuk Pemula

9 Ide Bisnis Online Untuk Pemula, Bisa Hasilkan Cuan!

Bagi pemula yang ingin memulai bisnis biasanya memiliki kendala masalah modal awal yang dibutuhkan. Alternatif yang bisa dilakukan saat ini yaitu melakukan bisnis secara online dan menggunakan modal lebih sedikit. 

Tidak jarang dalam memulai bisnis online untuk pemula tidak memerlukan modal sama sekali. Cukup menggunakan hp yang memiliki akses internet. Berikut beberapa ide bisnis online untuk pemula, antara lain :

1. Affiliate Marketing

Semakin kesini affiliate marketing menjadi bisnis yang banyak diminati banyak orang seperti anak muda, ibu rumah tangga, bahkan para pekerja kantoran pun tertarik menjadi affiliate marketing.

Affiliate marketing merupakan ide bisnis baru untuk memasarkan produk suatu brand. Affiliator, sebutan bagi yang menjalankan bisnis ini akan mendapatkan komisi dari usahanya mempromosikan produk hingga terjual.

Saat ini sudah banyak brand maupun ecommerce yang memanfaatkan para affiliator untuk memasarkan produknya. Jadi, tinggal mendaftarkan diri untuk memulai menjadi affiliate marketing. Ini menjadi ide bisnis online yang hanya membutuhkan handphone dan akses internet saja.

2. Reseller

Reseller merupakan ide bisnis online dengan menjual produk orang lain memerlukan modal yang sedikit, namun bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan. 

Menjadi reseller memiliki konsep yang hampir mirip dengan affiliate marketplace. Bedanya reseller menjual produk yang ada fisiknya dan kita perlu membeli lebih dulu untuk stok awal. Biasanya harga lebih murah diberikan oleh supplier langsung atau distributor.

Namun, untuk memulai menjadi reseller kalian harus pintar mencari supplier yang terpercaya. Sekaligus harus lebih rajin dan tekun menawarkan produk yang dijual.

3. Membuat Toko Online

Berbeda dengan toko offline, untuk membuka toko online membutuhkan modal lebih sedikit. Apalagi saat ini sudah banyak platform e-commerce, dimana menyediakan siapa saja yang ingin membuat toko online sendiri.

Toko online ini bisa berbagai produk yang ditawarkan. Seperti menjual barang sembako, fashion, ataupun kecantikan. Dengan membuat toko online, tidak perlu memikirkan biaya menyewa atau membeli tempat untuk berjualan. Semua bisa dilakukan dari rumah sendiri.

4. Kursus Online

Buat kalian yang memiliki keahlian dalam suatu bidang, bisa mencoba membuka kursus online. Kursus online ini bisa dibuat disesuaikan dengan bidang yang akan diajarkan. 

Dengan video konferensi seperti menggunakan platform zoom meeting dan google meet. Atau melalui grup chat di WhatsApp. 

Kursus online yang ditawarkan bisa berbagai macam, misalnya kelas kursus masak, kelas kursus merajut, kelas kursus bahasa dan sebagainya. Ini bisa menjadi ide bisnis online minim modal usaha. 

5. Membuka Jasa Desain Grafis 

Saat ini jasa desain grafis semakin banyak dicari orang ataupun sebuah perusahaan secara online. Cukup menggunakan peralatan yang dimiliki, seperti smartphone dan laptop. Bisa memanfaatkan kreativitas yang dimiliki secara maksimal dalam membuat desain.

Dengan begitu, sudah bisa memulai menawarkan jasa membuat sebuah desain. Biasanya desain dibutuhkan untuk media sosial, sebuah banner acara, logo sebuah bisnis, dan keperluan marketing lainnya.

6. Menjual Produk Sendiri Secara Online

Apabila memiliki kemampuan memasak, membuat sebuah kerajinan tangan, atau memelihara tanaman. Bisa loh dimanfaatkan menjadi ide bisnis secara online. 

Bisa dengan menawarkan hasil yang bisa dijual secara online. Seperti menawarkan melalui grup whatsApp, status di whatsApp atau media sosial, hingga membuka media sosial khusus untuk berjualan.

7. Jastip Online

Buat kalian yang punya hobi traveling, bisa nih mencoba peluang jasa titip online. Bagaikan pepatah mendayung dua tiga pulau terlampaui. Punya hobi jalan-jalan sekaligus menjadi ide bisnis online.

Jastip online ini bisa dilakukan dengan chat grup, media sosial ataupun melalui status. Barang  yang ditawarkan bisa beragam jenisnya, tergantung daerahnya. Bisa makanan khas daerah tersebut, aksesoris yang unik, produk fashion yang harganya lebih mudah dan masih banyak lainnya.

Bahkan, membuka bisnis online ini tidak perlu membutuhkan modal. Dengan menggunakan sistem pre order dan membayar lebih dulu. Kalian bisa langsung memulai bisnis ini dengan mudah.

8. Jasa Pembayaran Online

Walaupun semua transaksi sudah sebagian besar dilakukan secara online. Ternyata masih ada orang yang belum bisa melakukan dengan sendiri. Mungkin karena keterbatasan kuota internet yang dimiliki, ketidakpahaman cara penggunaanya, dan lainnya.

Membuka jasa pembayaran online bisa menjadi alternatif bisnis untuk ditekuni. Dengan menawarkan kepada tetangga, kerabat dekat, dan melalui media sosial. 

Pembayaran online yang dimaksud seperti pembayaran token listrik, pulsa, paket internet, pembelian tiket pesawat, tiket kereta, ataupun pengisian saldo e-wallet.

9. Jasa Content Writer

Punya hobi menulis dan kemampuan penulisan yang bernilai? Kamu bisa membuka jasa menjadi content writer. Banyak dibutuhkan tulisan untuk marketing, bisnis tertentu dalam website, ataupun media sosial.

Tentu menjadi content writer bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Waktu bekerja lebih fleksibel. Peluang menghasilkan cuan lebih besar dan menggiurkan. Cukup meningkatkan kemampuan menulis yang baik, akan banyak yang tertarik menggunakan jasa kalian.

Kesimpulan

Di era digital saat ini, kita harus lebih pintar melihat peluang apa saja yang bisa dilakukan. Teruntuk para pelajar, anak muda, ataupun ibu rumah tangga sekarang nggak perlu khawatir lagi. Dengan minimal modal hp yang berakses internet sudah bisa membuka sebuah bisnis.

Dari pembahasan pada artikel kali ini, ide bisnis online untuk pemula patut dicoba untuk bisa menghasilkan cuan dengan modal minim! Semoga bermanfaat ya.

Referensi :

https://mitra.bukalapak.com/artikel/bisnis-online-untuk-pemula-116017

Related Posts
Terbaru Lebih lama
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar