mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

3 Cara Riset Keyword Gratis Untuk Pemula, Wajib Coba

Konten [Tampil]
Cara riset keyword gratis untuk pemula

Sebelum membahas cara riset keyword, tentu sebagai blogger pemula harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud riset keyword.

Keyword atau kata kunci adalah kata yang digunakan untuk dicari pada mesin pencarian atau google oleh banyak orang.

Sedangkan, riset keyword atau riset kata kunci adalah teknik dalam membuat sebuah artikel blog untuk menargetkan suatu kata atau kalimat yang biasa dicari banyak orang.

Mengenal riset keyword dari Arisan backlink Momqueen, aku baru sekarang memahami betapa pentingnya melakukan riset kata kunci dalam pembuatan artikel blog. 

Jujur, selama ini menulis artikel di blog masih suka-suka dan cerita perjalanan harian saja. Namun, seiring berjalan waktu aku ingin menjadi seorang blogger profesional. Sehingga butuh banyak belajar tentang ilmu blogging.

Agar ilmu yang sudah aku pelajari tidak hilang begitu saja, maka aku membuat artikel ini. Sekaligus sharing pengalaman, siapa tau teman-teman juga lagi kebingungan bagaimana cara riset keyword.

Riset Keyword Gratis Untuk Pemula

Memilih kata kunci dalam sebuah blog menjadi bagian penting untuk dilakukan. Sebagai blogger pemula suka bingung kenapa sepi pengunjung, kapan ya blog kita banyak yang datang membaca?

Maka, riset keyword merupakan salah satu dari bagian SEO (Search Engine Optimization) untuk mendatangkan traffic blog. 

Dalam melakukan riset keyword tidak perlu menggunakan tools yang sulit maupun berbayar. Karena saat ini sudah ada tools untuk riset keyword gratis yang bisa digunakan oleh pemula. Sekaligus dalam penggunaannya cukup mudah dimengerti.

Namun, masih banyak para pemula belum paham bagaimana cara melakukan riset keyword. Bahkan, masih belum mengerti betapa pentingnya riset keyword dilakukan sebelum membuat sebuah artikel. 

Mengapa Riset Keyword Penting?

Mengapa riset keyword penting?

Ternyata kalau ingin menjadi blogger profesional perlu membuat artikel yang bagus. Bagus ini dalam arti bisa menjawab pertanyaan yang pembaca butuhkan.

Sehingga, artikel yang kita buat memiliki manfaat untuk orang lain. Itulah salah satu mengapa riset keyword penting dilakukan sebelum membuat suatu artikel.

Dengan melakukan riset kata kunci blog kita akan mendapatkan traffic secara organik. Apalagi kalau artikel kita bisa tampil pada halaman pertama mesin pencarian. Kita nggak perlu pusing memikirkan bagaimana mendapatkan pengunjung blog.

Keyword yang sudah kita dapatkan bisa membantu pembuatan artikel yang menarik dan banyak dicari orang. Jadi, bisa membuat artikel sesuai kebutuhan penggunanya.

Terakhir, dari alasan pentingnya melakukan riset keyword kita bisa mencampai suatu tujuan yaitu memperbaiki kualitas blog lebih baik. Karena semakin banyak artikel berkualitas, blog yang kita bangun bisa semakin terpercaya di mesin pencarian.

Hal yang Perlu diperhatikan Saat Riset Keyword

Sebelum lanjut ketahap bagaimana cara melakukan pencarian kata kunci untuk artikel blog yang tepat. Seorang blogger harus mengetahui parameter apa saja yang perlu diperhatikan. Agar mendapatkan kata kunci yang memiliki potensial tinggi. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat riset keyword, antara lain :

1.  Volume Pencarian (Search Volume)

Volume pencarian adalah berapa banyak orang yang mencari kata kunci dalam satu bulan. Semakin tinggi angka search volume maka semakin orang yang membutuhkan informasi dari kata tersebut.

Sebenarnya semakin besar angkanya itu bagus, berarti akan banyak orang yang mencarinya. Namun, akan banyak juga yang menulis artikel tentang hal tersebut. 

Maka, sebagai blogger pemula sebaiknya mengambil angka yang tidak terlalu besar. Misalnya masih dalam angka ratusan atau dibawah 500. Hal yang terpenting adalah kata kunci yang ingin kita gunakan ada yang mencarinya dalam satu bulan.

2. Tingkat Kesulitan Kata Kunci (Keyword Difficulty)

Tingkat kesulitan kata kunci artinya seberapa sulit nilai sebuah keyword untuk berada di halaman pertama di mesin pencarian. Istilah ini biasa disebut Keyword Difficulty atau disingkat KD. Semakin tinggi nilai KD, maka semakin sulit untuk bisa berada di halaman pertama pencarian.

Nah, buat pemula seperti aku juga. Aku lebih memilih nilai KD di bawah 50%. Setidaknya, ada kemungkinan kesempatan artikel yang kita buat berada di halaman pertama.

3. Hasil Pencarian per Detik

Hasil pencarian per detik merupakan berapa artikel yang mengandung kata kunci yang kita cari. Semakin tinggi nilai hasil pencariannya berati banyak artikel yang mengandung kata kunci tersebut.

Alangkah baiknya mencari nilai dibawah 2 juta per detik. Hal itu dapat memberikan peluang lebih besar, untuk mencapai halaman pertama. Lebih bagus lagi, kalau bisa menemukan kata kunci yang hanya ratusan ribu. Walaupun agak sulit, tapi bukan berarti tidak ada ya.

4. Allintitle di Mesin Pencarian

Pencarian kata kunci yang mengandung di dalam judul arikel bisa menggunakan allintitle di mesin pencarian. Hal ini dapat membantu menyaring hasil pencarian lebih spesifik lagi. Tentu memudahkan kita untuk bisa berada di halaman terdepan pencarian. 

Dengan mengecek allintitle, kita bisa melihat saingan pada website lain yang sudah membuat artikel dengan kata kunci yang kita cari.

5. Memiliki Value (CPC)

Value disini lebih bermanfaat bagi blogger yang lebih fokus menghasilkan uang. Cost Per Click (CPC) merupakan nilai penjualan yang dikonversi setiap detiknya dari kata kunci yang dicari.

6. Saran Kata Kunci (Keyword Suggestion)

Keyword suggestion tersedia setelah kita mencari sebuah kata kunci. Biasanya saran kata kunci yang diberikan masih saling berkaitan. Diberikannya saran kata kunci agar bisa mempertimbangkan kata yang lebih banyak dicari oleh para pengguna mesin pencarian.

7. Kompetitor di Halaman Pencarian

Setelah menentukan nilai parameter saat melakukan riset keyword, alangkah baiknya kita melihat website kompetitor di halaman pencarian dengan kata kunci yang sama.

Hal ini berguna untuk kita pelajari, apa saja yang membuat website tersebut berada dihalaman pertama. Supaya kita bisa membuat artikel yang lebih berkualitas dan bisa menjawab pertanyaan dari pengguna mesin pencari.

Cara riset keyword

Rekomendasi Tools Riset Keyword Gratis

Setelah memahami hal apa yang perlu diperhatikan dalam riset keyword. Saatnya, aku akan memberikan rekomendasi tools riset keyword gratis yang bisa digunakan oleh pemula. Yuk kita bahas satu persatu.

1. Whatsmyserp

Whatsmyserp merupakan tools extension gratis yang di tersedia di google untuk mengetahui peringkat dan pemantauan value pada kata kunci. Ketika menggunakan whatsmyserp hasil yang dikeluarkan berupa volume pencarian dan saran kata kunci yang berkaitan. 

Dalam penggunaan tools ini cukup sederhana dan mudah digunakan, khususnya pemula. Tidak banyak yang perlu di setting. Hasil pencariannya pun langsung dari google.

Whatsmyserp- cara riset keyword

2. SEOquake

SEOquake merupakan extension google gratis untuk menampilkan nilai keyword difficulty (KD). Nilai yang muncul merupakan hasil  pencarian dari data yang ada di google.

3. SERPTrend SEO Extension

SERP Trend SEO Extension digunakan untuk memperlihatkan hasil peringkat suatu website dari pencarian google.

4. Keyword Surfer

Keyword surfer merupakan tools gratis yang bisa digunakan untuk melihat volume pencarian dari kata kunci. Digunakan melalui extension google untuk browser. 

Tools ini bisa menjadi alternatif apabila whatsmyserp sedang tidak bisa digunakan. Karena beberapa waktu lalu, aku sempat tidak bisa gunakan. Aku langsung mencoba keyword surfer yang ternyata memiliki kelebihan tersendiri.

Kelebihan dari keyword surfer adalah tersedia saran kata kunci dengan yang kita cari dan memiliki volume pencarian dari nilai terbesar ke kecil. Dengan begitu kita bisa menganalisa kata kunci yang dicari agar sesuai dengan target.

Keyword surfer- cara riset keyword

5. Ahrefs Keyword Generator

Ahrefs sebenarnya sebuah website untuk pengecekan nilai SEO sebuah blog yang memiliki fitur lengkap dan premium. Namun, memiliki tools riset keyword yang bisa digunakan secara gratis yaitu ahrefs keyword generator.

Walaupun hasil pencarian kata kunci yang diberikan menunjukan parameter yang terbatas. Tools ini biasa aku gunakan untuk memperkirakan kata kunci apa yang lebih tepat digunakan. Karena memiliki keyword suggestion lebih variasi.

Oh iya, bagi yang ingin menggunakan tools ini jangan lupa untuk mengganti negara terlebih dahulu. Disesuaikan dengan target pembaca dari blog.

Setelah mengetahui, riset keyword itu apa, manfaat dari melakukan riset keyword beserta istilah yang ada apa saja. Sekarang, bagian inti pertanyaan dari blogger pemula adalah cara riset keyword.

Agar tidak berlama-lama, yuk simak sampai habis ya.

Cara Riset Keyword

Berikut langkah - langkah cara riset keyword yang bisa dilakukan dengan mudah oleh blogger pemula, sebagai berikut :

1. Buat Daftar Ide Topik Tulisan

Pertama yang biasa aku lakukan adalah mencari ide topik untuk tulisan yang ingin dibuat. Sebaiknya disesuaikan dengan niche blog. Caranya bisa disesuaikan dengan kategori blog yang ingin dibahas.

Misalnya, mau topik kategori kuliner. Kita bisa kelompokan ide menjadi beberapa bagian, misalnya :

  • Ide Menu 
  • Resep Masakan
  • Review Tempat Makan

Selanjutnya, bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Setiap ide tersebut bisa di kembangkan lagi sesuai dengan kelompoknya.

  • Ide Menu : Ide Menu Sarapan Sehat, Ide Menu Makan Siang Anak, Ide Menu Masakan Anak Friendly, dll
  • Resep Masakan : Resep Masakan Telur Balado, Resep Masakan Sop Sosis, dll
  • Review Tempat Makan : Review Masakan Kaki Lima di Batam

Setelah dicatat daftar ide topik tulisan, kita langsung melakukan riset kata kunci dengan tools yang sudah disiapkan sebelumnya. Hingga menemukan kata kunci yang memiliki parameter terbaik menurut kalian.

2. Memahami Tujuan Pembaca

Memahami tujuan pembaca pada suatu kata kunci yang akan kita gunakan perlu diketahui lebih detail. Agar bisa membuat sebuah artikel dari suatu kata kunci yang menjawab pertanyaan pembacanya.

Misalnya, ide menu sarapan sehat. Artinya pengguna yang mencari mesin pencarian dengan kata tersebut, ingin mencari tahu menu sarapan seperti apa saja yang baik untuk kesehatan tubuh. 

3. Memperhatikan Parameter Riset Keyword

Perlu diperhatikan parameter riset keyword saat memilih kata kunci. Seperti jumlah volume, nilai KD, allintitle, dan hasil pencarian per detik.

Untuk setiap parameter perlu menentukan batasan yang diinginkan sesuai target pencapaian. Semakin detail penilaian sebagai patokannya, maka akan semakin baik dan mendapatkan kesempatan lebih besar menembus halaman pertama mesin pencarian.

Sebagai contoh, target yang bisa digunakan sebagai berikut :

  • Memiliki volume pencarian yang besar 
  • Nilai KD dalam persaingan pencarian lebih rendah
  • Hasil allintitle memiliki nilai kecil lebih baik
  • Hasil pencarian per detik memiliki nilai lebih kecil

Penutup

Itulah cara riset keyword gratis yang bisa dilakukan untuk blogger pemula. Untuk menghasilkan artikel yang berkualitas dan bermanfaat tentu membutuhkan usaha lebih besar. Sebagaimana kita bisa menjawab pertanyaan yang dibutuhkan oleh para pengguna di mesin pencarian.

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang lagi belajar menjadi blogger profesional. 

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar