mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Kualitas Pelayanan Kesehatan Meningkat Berkat Peran AI Pada Rekam Medis Elektronik

Konten [Tampil]

Kualitas fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia meningkat berkat peran Artificial Intelligence (AI) pada pengelolaan Rekam Medis Elektronik (RME).

Peran AI pada rekam medis elektronik di dunia kesehatan

Aku setuju kalau kemajuan teknologi dapat membantu meningkatkan pelayanan kesehatan. Bayangkan saat teknologi dan informasi belum maju seperti saat ini. Betapa lamanya kita sebagai pasien ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

Teringat waktu aku masih duduk bangku sekolah dasar, mengharuskan bolak-balik ke rumah sakit untuk rawat jalan. Aku pasti izin sekolah karena harus menunggu antrian yang sangat lama. Karena pada saat itu, semua bentuk administrasi dan catatan medis ditulis secara manual. Aku pun masih menggunakan kartu pasien yang masih menggunakan kertas berwarna pink.

Kalau kertas kartu pasien itu hilang, urusannya jadi panjang. Perlu daftar ulang dan sulit mendapatkan catatan rekam medis sebelumnya. 

Masih banyak lagi kendala secara teknis yang sering aku alami. Seperti lamanya antrian menunggu giliran dipanggil dokter, karena catatan rekam medis belum diantarkan oleh petugas administrasi.

Semua permasalahan itu bisa saja menjadi pemantik dari kesabaran semua pihak terkait. Termasuk kita sebagai pasien. Selain itu, menjadi faktor kerugian yang akan dialami oleh pelayanan kesehatan di Indonesia.

Apa Masalah Jika Layanan Kesehatan Masih Menggunakan Rekam Medis Kertas?

Seperti hal yang aku alami, apabila masih menggunakan rekam medis dengan kertas akan menimbulkan masalah.

Tenaga kesehatan akan terlihat tidak profesional karena kesulitan menemukan data milik pasien. Tentu dalam pencarian data rekam medis yang menggunakan kertas akan memakan waktu lama.

Selain itu, dalam penyimpanan data tersebut membutuhkan ruang dan tempat yang sangat besar. Bayangkan apabila sebuah rumah sakit umum, pasiennya yang bisa ribuan. Dalam penyimpanan rekam medis kertas akan mengalami banyak kesulitan. Terlebih kertas cenderung mudah rusak dan perawatannya sulit.

Manfaat Perkembangan Teknologi dalam Bidang Kesehatan

Peran AI pada rekam medis elektronik di dunia kesehatan
Ilustrasi by canva

Alhamdulillah, bersyukur sekali dengan perkembangan teknologi dunia kesehatan pun turut serta berkembang mengikuti zaman. Mulai dari segi kualitas tenaga medis, sistem pelayanan hingga data rekam medis pasien. 

Manfaat yang akan dirasakan dari perkembangan teknologi antara lain semakin mudah mengakses layanan kesehatan yang dibutuhkan, pelayanan lebih cepat, dan penyimpanan data pasien terjamin aman. Dengan begitu tingkat penyembuhan pasien bisa lebih cepat, mampu menyelamatkan nyawa lebih banyak, hingga meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Salah satu teknologi saat ini yang sedang berkembang pesat yaitu Artificial Intelligence atau dikenal dengan Teknologi AI. 

Apa sih AI itu? Lalu peran apa yang diberikan dalam dunia kesehatan? yuk simak penjelasannya ya.

Mengenal AI dalam Dunia Kesehatan

Sebuah teknologi sistem komputer yang dapat mensimulasikan memecahkan sebuah masalah dengan kemampuan kecerdasan layaknya seorang manusia, dikenal sebagai kecerdasan buatan atau AI. 

Perkembangan teknologi ini memberikan banyak dampak positif pada aspek kehidupan. Tidak terkecuali dalam dunia kesehatan. AI dapat mendukung sebuah diagnosa, meningkatkan kualitas pelayanan, efisiensi manajemen operasional pelayanan kesehatan, hingga telemedis dan pelayanan kesehatan dengan jarak jauh.

Lalu, pelayanan seperti apa yang bisa membuat efisien dan kualitas membaik? Misalnya dalam proses pendaftaran pasien jadi lebih simpel, prosesnya cepat, menganalisa data, hingga sistem rekam medis secara digital.

Rekam Medis Elektronik Hadir di Fasilitas Kesehatan Indonesia

Saat ini sudah saatnya seluruh fasilitas kesehatan Indonesia meninggalkan cara lama. Melakukan pencatatan secara manual tentang data pasien. 

Berdasarkan peraturan terbaru dari menteri kesehatan nomor 24 tahun 2022, tentang rekam medis. Dimana pencatatan riwayat medis pasien dilakukan secara elektronik atau biasa disebut dengan rekam medis elektronik (RME).

REM ini merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mencatat, menyimpan dan mengelola semua data informasi pasien secara digital. Sistem ini dirancang untuk memudahkan staf, perawat, dokter dan tenaga kesehatan lainnya untuk mengelola data pasien secara efisien.

Tidak hanya itu, pada segi sebagai pasien juga mendapatkan keuntungan. Antara lain pasien dapat dengan mudah mengakses data kesehatan yang dibutuhkan secara mudah dan cepat. Jadi tidak kesulitan lagi kalau pasien membutuhkan data riwayat kesehatannya.

Apakah dengan perubahan sistem ini dapat memberikan dampak secara positif? 

Tentu kita pun berpikir sebesar apakah dampak yang akan dirasakan ya. 

Dampak Positif Adanya Rekam Medis Elektronik (RME)

1. Fleksibilitas Informasi

Catatan medis dapat dengan mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Selama terhubung dengan sistem yang sesuai. 

2. Lebih efisien

Secara praktik akan memudahkan untuk mendapatkan informasi data seorang pasien dengan cepat dan mudah. Sehingga lebih efisien dalam proses pelayanan pada pasien.

3. Data Terjamin Aman

Perlu diingat data setiap pasien itu sifatnya rahasia. Hanya orang yang berkepentingan yang dapat mengakses. Hal ini dapat mencegah pencurian data riwayat kesehatan orang lain.

4. Hemat Biaya

Tidak perlu lagi fasilitas kesehatan memerlukan biaya kertas, alat tulis dan tempat penyimpanan untuk mencatat rekam medis pasien. Apabila semua dilakukan secara digital, semua akan tersimpan rapi dan tidak biayanya lebih murah.

eHealth.co.id Penyedia Layanan Rekam Medis Elektronik (RME) 

eHealth.co.id merupakan sebuah sistem operasional menyediakan pelayanan kesehatan yang berkualitas berupa rekam medis elektronik (RME). 

eHealth.co.id memberikan kemudahan bagi klinik, dokter praktik pribadi, dan rumah sakit dalam mengatur data rekam medis, apotik, maupun administrasi dengan biaya yang terjangkau.

Sistem yang digunakan berbasis web, mudah diakses menggunakan semua jenis perangkat tanpa perlu proses install terlebih dahulu. 

Inovasi Artificial Intelligence (AI) dalam Sistem RME eHealth.co.id 

Inovasi Artificial Intelligence (AI) dalam Sistem RME eHealth.co.id

Dalam mengambil kesempatan potensi berkembangnya teknologi. Dengan menggunakan inovasi AI dalam sistem RME eHeatlh.co.id. Agar dapat terus memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. 

Dengan memanfaatkan teknologi AI, eHealth.co.id memberikan efektivitas dan efisiensi pada pelayanan kesehatan. Dengan mengintegrasi AI dalam sistem rekam medis elektronik.

Peran AI sangatlah penting dalam diagnosa, pengobatan, sistem manajemen, dan operasional fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan eHealth.co.id melakukan inovasi RME dengan menggunakan AI yaitu mempermudah dan mempercepat dalam proses diagnosa medis. Dengan begitu dokter dan tenaga medis lainnya dapat lebih mudah dan cepat memberikan pelayanannya.

Akurasi dan kecepatan saat diagnosa menggunakan AI itulah yang menjadi unggulannya. Dengan adanya fitur AI, berharap dapat mengurangi dan mengatasi kendala yang dialami oleh tenaga medis. 

Pentingnya AI Untuk Rekam Medis Elektronik di eHealth.co.id

Saat ini AI sangat memberikan peran penting untuk mendukung sistem RME lebih baik. Karena memiliki beberapa keunggulan, antara lain :

1. Memberikan Diagnosa Secara Akurat. 

Proses analisa data didukung oleh ICD-10 yang memiliki kecepatan dan akurasi lebih tinggi. Sehingga meminimalisir kesalahan diagnosa yang dilakukan seorang manusia. Pasien akan mendapatkan perawatan secara tepat dan sesuai kebutuhan.

AI pada RME eHealth.co.id dapat menganalisa data dari hasil pemeriksaan, gejala, dan keluhan pasien secara cepat. 

2. Selalu Up to Date. 

AI pada sistem eHealth.co.id selalu dipebaruhi data dan pengetahuan medis terbaru secara berkala. Sistem ini dirancang terus memberikan informasi medis terbaru dan relevan. 

3. Meningkatnya Efisiensi Kerja.

Staff, dokter dan tenaga medis lainnya dapat menghemat waktu dan lebih cepat untuk bekerja. Dimana sebelumnya sistem manual sangat membutuhkan banyak waktu dan proses lama. Saat ini sudah tidak lagi seperti itu. Hal ini membantu para tenaga medis fokus dengan pengobatan dan perawatan pasien. Tanpa harus memikirkan data pasien yang sulit.

4. Kualitas Pelayanan Meningkat. 

Ini menjadi bagian penting dalam menggunakan teknologi AI di RME pelayanan kesehatan. Proses yang cepat dan mudah digunakan oleh para tenaga medis, menunjukan keprofesionalannya. Sehingga kualitas pelayanan pada pasien menjadi lebih baik dan meningkat.

5. Skalabilitas dan fleksibilitas

AI pada sistem RME dapat berkembang dan terintegrasi dengan berbagai fungsi lainnya dalam mengelola data medis. 

eHealth.co.id Solusi Untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan dengan Sistem RME

Bagi penyedia Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) tidak perlu pusing lagi memikirkan sistem untuk Rekam Medis Elektronik. Karena eHealth.co.id hadir membantu menjalankan pelayanan kesehatan dengan mudah dan cepat.

eHealth.co.id sudah dipercaya oleh 300+ Fasilitas Pelayanan Kesahatan yang ada di indonesia. Selain itu, sistem yang dimiliki sudah terintegrasi langsung dengan SatuSehat. Dimana, SatuSehat merupakan RME yang diluncurkan langsung oleh Kementerian Kesehatan. Merupakan transformasi dari aplikasi PeduliLindungi. 

Keuntungan Menggunakan Sistem Rekam Medis Elektronik eHealth.co.id

Mengingat sistem rekam medis elektronik pada fasilitas penyedia kesehatan menjadi bagian vital. Pemilihan sistem RME yang tepat perlu dilakukan. 

eHealth.co.id hadir sebagai penyedia layanan di pasar RME terbaik yang bisa menjadi pilihan. Apabila fasilitas penyedia kesehatan memilih eHealth.co.id akan mendapatkan banyak keuntungan.

1. Pendampingan Privat

Ketika memulai sistem teknologi baru, sering kali akan mengalami kendala dalam pengoperasiannya. Oleh karena itu, eHealth.co.id memberikan pelatihan online secara gratis sebanyak 3 kali pertemuan. Pendampingan melalui WhatsApp group juga diberikan apabila mengalami kesulitan dan memiliki pertanyaan dalam pengoperasian sistem.

2. Mudah

Sistem RME eHealth.co.id sudah dirancang sedemikan rupa agar dapat memudahkan penggunanya. Jadi dapat digunakan oleh siapa saja. Tentu, mendapatkan kemudahan dalam mengakses sistem ini. Bisa dilakukan dimana pun dan kapan saja.

3. Lengkap

Tidak hanya menyediakan layanan RME, namun memiliki fitur yang lebih lengkap. Sistem ini sudah dirancang terintegrasi dengan platform SatuSehat dan BPJS Kesehatan. 

4. Dapat di Custom Sesuai Kebutuhan

Setiap fasilitas pelayanan kesehatan pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Karena eHealth.co.id menawarkan pelayanan untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Cepat dan Terjangkau

Menggunakan eHealth.co.id tidak perlu menunggu terlalu lama, karena sistemnya bisa langsung digunakan. Apalagi biaya yang dibutuhkan untuk berlangganan sistem eHealth.co.id sangat terjangkau. Mulai dari 250.000 per bulan sudah mendapatkan keuntungan sistem yang ditawarkan.

Fitur Unggulan eHealth.co.id

Memilih eHealth.co.id untuk sistem RME dapat sangat membantu operasional pelayanan kesehatan lebih baik. Sistem yang digunakan berbasis web sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Selama terhubung dengan koneksi internet dan tidak perlu install aplikasi terlebih dahulu. 

Fitur Untuk Pasien

1. Reservasi

Memiliki kelebihan untuk para pasien yang ingin reservasi tanpa perlu mengunduh aplikasi. Dilengkapi dengan sistem kuota berdasarkan waktu dan dokter yang tersedia. Sehingga pasien tidak perlu menunggu lama dan mengurangi penumpukan pasien di klinik. Selain itu, menggunakan kode bukti reservasi berupa QR Code atau kode unik booking. 

2. Kuesioner

Dengan adanya kuesioner membantu mengenali kondisi pasien lebih detail, sebelum jadwal konsultasi. 

Fitur Harian

Sistem operasional harian terintegrasi di setiap unit klinik, sehingga data pasien lebih akurat. Alur kerja dapat diatur sesuai kebutuhan di klinik. Dengan begitu dapag mewujudkan pelayanan pada pasien terbaik karena menggunakan alur kerja yang teratur dan efektif

Seperti data pasien yang mendaftar, rekam medis pasien, sistem apotek yang terintegrasi, dan sistem pembayaran ke kasir. Sistem dari eHealth.co.id dapat disesuaikan dengan alur operasional yang berlaku pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Fitur Bulanan

Fitur agar bisa meningkatkan pelayanan kesehatan berdasarkan data yang dibutuhkan untuk dikelola setiap bulan.

1. Analisis Bisnis

Tingkatkan pelayanan klinik berdasarkan data klinis pasien.

2. Akuntansi

Kelola keuangan klinik Anda secara akurat dan terperinci.

3. Inventaris

Awasi stok obat dan alat kesehatan secara real-time.

Peran AI Pada Rekam Medis Elektronik eHealth.co.id

RME eHealth.co.id dengan AI Menuju Kualitas Fasilitas Pelayanan Kesehatan terus Meningkat

Fitur AI pada RME eHealth.co.id terus dikembangkan mengikuti meningkatnya teknologi saat ini. Dengan menggunakan teknologi AI eHealth.co.id menunjukan komitmenya untuk selalu dukung meningkatnya kualitas fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Sebagai solusi yang inovatif agar semakin efektif dan efisien. 

Aku sebagai pasien yang ingin selalu mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas juga tidak merasa khawatir.

Saat ini Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang sudah menggunakan sistem Rekam Medis Elektronik (RME) dari eHealth.co.id sudah sebanyak 300 Fasyankes, 1000+ dokter menggunakan sistem ini, dengan tercatat 3.000.000 data RME dari 1.700 Pengguna.

Tentu kedepannya AI bukan hanya digunakan untuk diagnosa tetapi dapat mendukung layanan lainnya. Seperti resep obat, apotek, hingga manajemen fasilitas kesehatan. 

Semoga semua fasilitas pelayanan kesehatan secara merata di Indonesia bisa memanfaatkan teknologi saat ini. Khususnya beralih ke sistem rekam medis elektronik, agar kualitas pelayanan terus meningkat dengan baik. 

Referensi :

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2592/penerapan-rekam-medis-elektronik-di-fasilitas-kesehatan-di-indonesia

https://ehealth.co.id/blog/



Related Posts
Terbaru Lebih lama
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar