mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

4 Cara Buat Reels di Canva yang Menarik, Modal Ikut Lomba

Konten [Tampil]
Cara buat reels di canva yang menarik

Tidak bisa dipungkiri saat ini konten video lebih diminati oleh content creator. Karena memiliki daya tarik lebih tinggi. Bahkan lebih banyak yang mengadakan lomba video reels. Beberapa waktu lalu, aku ikut webinar tentang cara buat reels di canva yang menarik sebagai modal ikut lomba.

Aku mendapat informasi di instagram, lomba video reels tentang menjaga laut natuna, menjaga Indonesia yang diselenggarakan oleh ISDS Indonesia. Dalam rangka, menjaga kedaulatan di Indonesia pada konflik yang terjadi di Laut Natuna Utara.

Kali ini, aku akan lebih membahas bagaimana teknik membuat IG Reels yang menarik menggunakan aplikasi canva gratis. Dari hasil materi yang aku dapat di webinar.

Webinar Teknik Instagram Reels Menang Lomba Menjaga Natuna, Menjaga Indonesia

Materi ini disampaikan oleh Syammas P Syarbini, seorang dosen dan content creator bidang desain.

Awal memulai menyampaikan materi, aku menjadi lebih percaya diri dan semangat untuk ikut terus menghasilkan karya. Kak syam, nama sapaan untuk pemateri kali ini. Memberikan kalimat bijak yang membuat semangat siapa saja, termasuk aku yang hanya seorang ibu rumah tangga.

“Apapun Latar belakang pendidikan dan kehidupan seseorang. Kita Bisa menjadi seseorang yang menghasilkan Karya"

Dengan begitu, aku tidak berkecil hati untuk bisa menghasilkan karya walaupun hanya secuil saja. 

Karya disini bisa dalam bentuk apapun. Hal yang bisa kita berikan dan menebar manfaat untuk orang lain. Termasuk membuat sebuah karya video singkat bagaimana kita sebagai rakyat indonesia untuk selalu menjaga wilayah negara. Walaupun secara tidak langsung hanya melalui media sosial.

Agar karya video singkat yang kita buat bisa menarik banyak penonton dan memberikan manfaat bagi orang lain. Ada beberapa cara buat reels di canva yang menarik, sebagai modal ikut lomba. Simak sampai akhir ya.

Cara Buat Reels Di Canva

Untuk membuat sebuah konten, tentu ada tahapan yang perlu dilewati terlebih dulu ya. Nah, berikut tahapan cara buat konten reels di canva, antara lain :

1. Mencari Inspirasi

Agar bisa menghasilkan karya yang sesuai dengan hal apa yang ingin disampaikan. Setidaknya kita membutuhkan sebuah konsep dalam pembuatan konten. Mulai tema seperti apa, nuansa dalam pembuatan konten, model font yang akan digunakan, dan lainnya.

Buat teman - teman yang masih belajar dan baru memulai ingin membuat konten tidak perlu khawatir. Karena kita bisa mencari inspirasi desain terlebih dahulu. 

Bisa dengan melihat inspirasi desain di pinterest.com. Tapi bukan berarti menemukan desain yang disukai di pinterest kemudian kita buat sama persis. 

Kita perlu menggunakan metode ATM (Amati - Tiru - Modifikasi). Mungkin kita bisa mengikuti font yang digunakan, atau hanya desain warna yang digunakan. Kemudian kita modifikasi sesuaikan dengan kreativitas sendiri.

Untuk mencari inspirasi desain di pinterest, kita cukup ketik website www.pinterest.com. kemudian, dari pinterest ini kita bisa mencari dengan kata kunci ‘infografis’. Dari hasil pencarian yang didapatkan, kita bisa melihat tema dan desain yang tersedia sebagai ide inspirasi nanti saat pembuatan konten.

Cara buat reels di canva yang menarik

2. Membuat Script

Setelah mengetahui konsep apa yang akan dibuat pada konten nanti. Langkah selanjutnya adalah membuat script atau teks materi yang akan disampaikan kepada penonton. Pesan apa yang ingin disampaikan agar orang yang melihat konten kita mendapatkan manfaat yang baik.

Pesan ini bisa diawali dengan headline menarik agar yang melihat penasaran. Bisa dalam bentuk pertanyaan, pernyataan menarik atau fakta unik. 

Menurut Kak syam, kita bisa memanfaatkan teknologi chat.openai.com untuk buat script. Tapi lagi-lagi, perlu dipahami adanya teknologi bukan untuk kita malas berpikir. Apabila hanya mengandalkan teks yang dihasilkan dari AI, artinya tidak ada sentuhan karya sendiri. 

Namun, kita bisa menggunakan teknologi AI untuk inspirasi dan menambah wawasan baru. Jadi bukan artinya kita copy paste seluruh hasil teks yang dihasilkan dari AI ini. Melainkan digunakan sebagai sumber referensi. Untuk menyusun script dalam pembuatan konten.

3. Membuat Voice Over

Agar konten yang dibuat memiliki ciri khas sendiri, alangkah lebih baik menambahkan suara sendiri ke dalam konten.

Kenapa? Tidak menggunakan suara AI atau suara teks google?

Sebenarnya tidak masalah, apabila ingin menggunakan suara dari aplikasi atau google. Namun, percayalah sebuah karya akan lebih bernilai, saat ada keunikan dan ciri khas sendiri. 

Mungkin teman-teman merasa tidak percaya diri, merasa aneh dengan suara sendiri. Hal itu wajar terjadi, maka belajar dan mencoba untuk berlatih membuat konten dengan tambahan voice over sendiri. Agar menghasilkan karya lebih unik dan menarik.

Selain itu, tips bisa menghasilkan suara yang bagus, jernih dan minimal noise. Misalnya saat melakukan rekaman suara terdapat suara lainnya. Seperti suara motor lewat, suara orang jualan, atau suara mesin kipas yang terekam.

Teman-teman bisa menggunakan website Adobe Podcast. Pada website ini menggunakan teknologi AI memiliki fungsi untuk mengurangi suara noise atau gangguan. Aku pribadi, mencoba website ini, langsung jatuh hati. Karena memang worth it banget, bisa membuat rekaman suara yang aku buat lebih halus dan jelas. Meskipun aku merekam hanya menggunakan perekam suara dari handphone saja.

Oh iya, tips lainnya tentang voice over yang disampaikan oleh Kak syam. Saat melakukan rekaman suara sebaiknya kita sambil tersenyum. Suara yang dihasilkan sambil tersenyum akan memiliki intonasi lebih ceria dan unik. Dibandingkan tanpa ada ekspresi saat berbicara untuk merekam.

4. Buat Video Reels di Canva

Aplikasi canva terkenal untuk pembuatan desain grafis. Namun, saat ini fitur dari Canva semakin lengkap. Tidak hanya membuat desain foto/gambar, sekarang bisa juga membuat video pendek. 

Kelebihan menggunakan aplikasi canva adalah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bisa melalui laptop, hp maupun tablet. Pastinya memastikan gadget yang digunakan tersambung dengan internet secara stabil.

Cara buat video reels di canva yaitu

  • Buka aplikasi canva di hp atau website www.canva.com melalui desktop.
  • Klik video >> lalu pilih reels instagram. Agar nanti ukuran desain videonya sudah sesuai dengan postingan instagram
  • Langsung kita bisa desain, mulai dari background, teks, animasi, elemen yang akan digunakan. Semuanya bisa di aplikasikan dengan canva sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Setelah video reels instagram sudah siap. Kita bisa langsung menambahkan voice over yang sudah disiapkan sebelumnya.

Cara buat reels di canva yang menarik, sebenarnya kuncinya bisa menyampaikan pesan dengan tepat untuk yang menontonnya. Dalam pembuatan desain video reels ada beberapa trik dan tips yang bisa digunakan, berdasarkan sharing dari kak syam langsung. Yuk kita bahas apa saja tips dan triknya.

Tips dan Trik Buat Reels Instagram yang Menarik

Cara buat reels di canva yang menarik

Hal penting saat pembuatan reels instagram yang menarik, sebagai modal ikut lomba adalah mau mencoba dan berkreasi sebanyak mungkin. Seiring berjalannya waktu, kita akan paham desain yang seperti apa untuk disesuaikan dari tema.

Berikut beberapa tips dan trik buat reela instagram yang menarik, untuk memaksimalkan fitur canva gratis yang bisa digunakan, antara lain :

1. Gunakan Fitur Template 

Tidak selamanya kita mencari inspirasi desain di luar canva. Bisa saja menggunakan fitur template yang sudah disediakan oleh canva. Banyak tersedia yang gratis, bisa langsung digunakan. Disesuaikan dengan konsep yang akan dibuat.

Selain itu, saat pencarian template yang diinginkan bisa dimaksimalkan dengan mencarinya menggunakan kata kunci yang cocok. Misalnya infografis laut atau poster kedaulatan indonesia.

2. Gunakan Fitur Media Ajaib

Fitur media ajaib adalah fitur terbaru dari canva yang bisa digunakan untuk membuat sebuah desain gambar dari kata-kata. Aku sendiri baru mengetahui fitur media ajaib ini. Pada fitur ini menggunakan teknologi AI. 

Untuk bisa menggunakan fitur media ajaib dengan cara sebagai berikut :

  • Pilih bagian aplikasi
  • Cari dan klik media ajaib
  • Langsung muncul fitur media ajaib. 

Tulis deskripsi yang ingin dijadikan sebagai gambar. Contoh, ketik pemandangan laut natuna utara di pagi hari. Lalu klik ‘buat gambar’. Maka akan muncul beberapa pilihan gambar yang bisa digunakan.

Menurut Kak Syam, kita tidak perlu merasa khawatir deskripsi yang kita tulis bisa menghasilkan gambar yang sama orang lain. Karena media ajaib ini setiap membuat gambar, memiliki banyak pilihan. Kemungkinan kecil ada kesamaan.

3. Maksimalkan Fitur Canva

Agar video reels instagram semakin menarik, kita bisa memaksimalkan fitur tambahan yang ada di canva. Klik gambar / elemen yang sudah di tambahkan. Kemudian, pilihan geser pada bawah. Bisa pilih studio ajaib, filter, efek, dan animasikan. 

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah semakin percaya diri untuk membuat konten? Itulah cara buat reels di canva yang menarik, sebagai modal ikut lomba. Jadi semakin semangat dan percaya diri membuat karya sendiri. 

Oh iya, teman-teman jangan lupa bantu support aku ya. Ikut lomba video reels yang diadakan oleh ISDS. Terima kasih.


Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar