mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

7 Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Menulis Artikel, Simak Disini!

Konten [Tampil]
Cara menghasilkan uang dari menulis artikel

Kalau membahas tentang hobi, pasti setiap orang memilikinya. Tapi siapa yang menyangka dari hobi bisa menjadi sumber penghasilan. Rasanya pasti akan lebih menyenangkan karena melakukan hal yang disukai. Salah satunya yang memiliki hobi menulis. Nah, aku akan membahas cara menghasilkan uang dari menulis artikel. 

Sebelum itu, aku mau sedikit cerita kenapa sih orang yang memiliki hobi menulis itu mendatangkan manfaat. Tahukah bahwa ketika kita menulis, otak bekerja dengan lebih baik. Sehingga membantu menyehatkan otak kita alias tidak mudah stress.

Yap, menulis apapun setiap hari bisa menjadi pelepas penat dari padatnya aktivitas. Minimal dengan menulis jurnal harian cerita perjalanan atau apa saja yang kita lalui hari ini.

Selain menulis jurnal harian, masih banyak yang bisa kita tulis. Seperti menulis cerita pendek, puisi, ataupun menulis artikel untuk berbagi informasi pada orang lain.

Karena itu, beruntunglah bagi yang menyukai menulis karena akan mendapat segudang manfaat.

Manfaat Hobi Menulis

Manfaat hobi menulis

Salah satu manfaat selain untuk mengurangi stress dari hobi menulis, masih banyak manfaat lainnya, antara lain :

1. Sebagai Alat Komunikasi Secara Tidak Langsung

Jujur, aku terkadang memiliki kendala saat berkomunikasi secara langsung. Karena biasanya apa yang ada di pikiran, terkadang tidak sesuai dengan apa yang diucap. Bisa dibilang ucapan yang keluar itu sangat ruwet.

Dengan menulis, bisa membantu belajar untuk bisa berkomunikasi dan menyampaikan pendapat dengan baik. Secara tidak langsung, menjadi alat komunikasi yang bisa dilakukan.

Saat menulis, kita bisa membaca ulang kembali dan memperhatikan susunan kata yang ditulis. Apakah hal yang ingin kita sampaikan sudah sesuai dan tepat.

2. Melatih Kemampuan Berpikir

Memiliki hobi menulis dapat melatih kemampuan  berpikir yang baik dan kritis. Kenapa bisa demikian? Biasanya sebelum menulis sesuatu kita membutuhkan ide dan riset terlebih dahulu. Mencari tahu hal yang ingin dibahas. 

Pasti kita ingin menghasilkan karya tulisan yang bermanfaat untuk orang lain. Agar hasilnya maksimal, kita perlu membaca banham sumber. Setelah itu, saat menulis yang ingin disampaikan menjadi proses melatih otak dalam berpikir secara sistematis.

3. Meningkatkan Daya Ingat dan Ilmu

Berkaitan dengan sebelumnya, dengan menulis dapat meningkatkan daya ingat hal apa yang sudah dipelajari. Artinya dengan menulis kita bisa mengikat ilmu.

Agar apa yang sudah dipelajari dan dipahami tidak menghilang begitu saja. Saat menulis itu lah, mampu menambah memori pada otak menjadi lebih lama.

4. Sebagai Tempat Ekspresikan Diri

Menulis itu bisa dilakukan dalam kondisi apapun. Saat senang, bahagia, sedih ataupun badmood. Dengan begitu, kita bisa menuangkan dan melepaskan emosi melalui tulisan. Sehingga kinerja otak dan pemikiran pada kita bisa lebih sehat.

5. Menjadi Lebih Kreatif 

Tentu saat menulis membantu kita menjadi lebih kreatif dan menambah kosa kata. Agar dapat menuangkan ide dan menyampaikan dengan menarik melalui tulisan. 

Itulah beberapa manfaat dari hobi menulis. Kira-kira hal mana yang kamu rasakan sampai saat ini? 

Aku pribadi menyadari bahwa menulis menjadi sarana pembelajaran dan pengikat ilmu. Agar apa yang aku sudah pelajari, dapat terikat dan dapat dipraktekkan.

Mengubah Hobi Menjadi Pekerjaan

Setelah mengetahui hobi yang benar-benar membuat kita sukai. Tidak ada salahnya apabila mencoba untuk ditekuni. 

Untuk saat ini, banyak sekali yang mengubah hobi menjadi pekerjaan. Pada dasarnya rezeki akan datang dari arah yang tidak terduga. Kita tinggal berusaha dan mencari peluang yang terbaik. A

Salah satunya hobi menulis, saat ini banyak pekerjaan yang butuh skill menulis yang baik. Baik pekerjaan tetap maupun pekerja lepas (freelance). 

Seperti kisah penulis buku ‘Surga Yang Tak Dirindukan’, Asma Nadia. Sebelum beliau sukses menerbitkan buku, perlu melewati perjalanan yang cukup panjang. Naik turun semangat dan lika-liku dalam dunia kepenulisan. Beliau juga pernah merasa patah semangat. Karena awalnya banyak yang mengejek hasil karyanya. 

Asma Nadia, memulai karirnya diawali dari hobinya menulis sejak SD. Siapa sangka dari hobi menghasilkan karya terbaik sekaligus menjadi sumber penghasilan. Beliau tidak pernah merasa hebat dan sukses, walaupun sudah berhasil menerbitkan beberapa buku. Agar terus berproses dan belajar menjadi lebih baik.

Belajar dari kisahnya Asma Nadia, aku belajar bahwa hal apa saja ditekuni akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selama kita terus bangkit dan menikmati proses menjalaninya. 

‘teruslah usaha, karena setiap usaha yang kita lakukan tidak akan tahu mana yang akan memberikan hasil terbaik’

Lalu, bagi yang ingin menekuni hobi menulis, khususnya menulis sebuah artikel. Aku akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang  dari menulis artikel.

Cara Menghasilkan Uang Dari Menulis Artikel

Cara menghasilkan uang dari menulis artikel

Di era digital saat ini, kita harus pintar mencari peluang untuk menghasilkan uang dengan menulis artikel. Tidak perlu modal yang besar untuk bisa menghasilkan uang. Asalkan memiliki device yang tersambung dengan internet dan punya hobi menulis sudah bisa memulainya.

Banyak cara yang bisa dilakukan, aku merangkum 7 cara menghasilkan uang dari menulis artikel, antara lain :

1. Menulis Artikel Pada Media Online

Menulis artikel di media online saat ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Selama artikel yang kita tulis memiliki kualitas baik dan bermanfaat.

Kita bisa menulis dan mengirimkan artikel yang dibuat ke media online. Ada beberapa media online memang menyediakan tempat khusus bagi yang ingin mengirimkan karyanya. Sebut saja seperti kompasiana, retizen republika, IDN times dan media Indonesia.

Dari tulisan yang dikirim dan berhasil dipublikasikan, maka penulis berhak mendapatkan sejumlah uang. Uang yang dihasilkan bisa jumlahnya bisa berbeda. Tergantung dari kebijakan setiap media. Ada yang menggunakan sistem redeem point, pencapaian target jumlah pembaca dan lainnya.

2. Mengirim Artikel di Website Berbayar

Menulis artikel di website berbayar memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan media online. Kita menulis artikel sendiri yang kemudian dikirimkan langsung. Bedanya ini kita langsung menulis di website yang tersedia.

Penulisan artikel di website berbayar juga memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Tergantung jenis artikel yang akan dibuat. Uang yang dihasilkan dari menulis artikel di website pun juga berbeda. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per artikel.

3. Lomba Menulis Artikel

Peluang lain agar bisa mendapaykan uang dari menulis artikel adalah mengikuti lomba menulis artikel. Saat ini banyak instansi ataupun brand-brand produk yang mengadakan lomba untuk umum.

Kita bisa mengambil kesempatan ini, sekaligus untuk melatih kemampuan menulis artikel lebih baik. Biasanya setiap perlombaan memiliki tema dan syarat yang berlaku untuk bisa menang. Dengan berusaha membuat artikel yang terbaik di mata juri, kemungkinan bisa menang.

Pada perlombaan menulis artikel biasanya memberikan hadiah untuk para pemenang berupa sejumlah uang tunai ataupun beberapa barang mahal. Apabila kita bisa menang, otomatis kita bisa mendapatkannya.

4. Sebagai Ghostwriting

Apa teman-teman pernah mendengar istilah ghostwriting? 

Ghostwriting atau biasa disebut penulis bayangan dimana penulis bekerja oleh seseorang atau perusahaan untuk membuat sebuah tulisan tanpa menggunakan kredit nama kita.

Biasanya yang memerlukan jasa ini adalah seorang yang butuh sebuah tulisan namun tidak memiliki kesempatan dan waktu untuk menulis. Mungkin pekerjaan ini masih sedikit asing di dengar oleh sebagian orang. 

Namun, menjadi ghostwriting bisa menjadi salah satu untuk menghasilkan uang. Karena bisa bekerja secara fleksibel dan dimana aja. Bayaran yang didapatkan juga beragam tergantung permintaan jenis tulisannya.

5. Menjadi Freelancer Copywriter

Dari hobi menulis, kita bisa menambah kemampuan menjadi seorang copywriting. Dimana kita menulis artikel untuk sebuah website atau media pada sebuah perusahaan atau agency. 

Bagian berbeda dari menulis artikel sebagai copywriting adalah memiliki target untuk meningkatkan penjualan pada sebuah bisnis. Sehingga bukan hanya memberikan informasi, namun mempromosikan sesuatu agar menghasilkan penjualan. 

6. Menjadi Content writer 

Menjadi content writer tidak jauh beda copywriting, sama-sama bekerja pada sebuah perusahan atau bisnis tertentu. Bedanya content writer lebih fokus membuat konten berupa tulisan yang menarik, dengan tujuan meningkatkan engegement sebuah bisnis.

Biasanya untuk menjadi content writer memiliki wskill penulisan lebih baik. Seperti menggunakan teknik penulisan SEO On page, membuat headline semenarik mungkin, agar bisa menarik pembaca lebih banyak.

7. Menjadi Seorang Blogger

Cara menghasilkan uang dari menulis artikel lainnya yaitu menulis di blog pribadi. Seperti yang sedang aku lakukan saat ini. Membuat blog pribadi sendiri bisa menjadi langkah awal untuk bisa menghasilkan uang dari hobi menulis.

Bisa memulai menulis artikel dengan platform blog gratisan. Apabila sudah lebih siap untuk menjadi blogger profesional, bisa dengan upgrade ke Top Level Domain (TLD).

Lalu, bagaimana seorang blogger bisa menghasilkan uang dari menulis blog pribadi? 

Beberapa hari lalu, aku belajar bersama Mom Queen tentang cara mendapatkan job blogger di kelas riset keyword arisan backlink.

Disana aku mendapatkan banyak insight untuk bisa menghasilkan uang dari menulis artikel di blog. Bisa dari job review produk/ jasa sebuah brand, content placment, sponsor post, jasa memasang banner di blog dan melalui platform khusus blogger untuk penjualan backlink.

Uang yang dihasilkan dari menulis artikel di blog pun variatif. Biasanya kalau content placement atau content sudah di sediakan oleh pembel harganya lebih murah. Sedangkan, untuk menulis artikel dibuat oleh blogger biayanya lebih mahal. Kadang juga blogger bisa mendapatkan free produk yang di review.

Kesimpulan

Itulah, 7 cara menghasilkan uang dari menulis artikel yang bisa dilakukan bagi kalian yang punya hobi menulis. Untuk menghasilkan uang saat ini tidak harus menjadi pekerja kantoran saja.

Dengan memanfaatkan teknologi saat ini serta modal hobi menulis, bisa menjadi peluang besar yang bisa diambil. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan memberikan inspirasi pada teman-teman untuk mencari kesempatan menghasilkan uang.

Referensi :

https://wolipop.detik.com/work-and-money/d-3482937/cerita-asma-nadia-jatuh-bangun-untuk-jadi-penulis-sukses

https://geti.id/apa-itu-ghost-writer-simak-penjelasan-dan-keuntungannya-disini/

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar