mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Yuk, Siapkan Isi Tas Siaga Bencana Di Rumah

Konten [Tampil]

Beberapa hal yang aku takutkan adalah datangnya bencana alam secara tiba-tiba. Bukan berarti kita bisa menghindari bencana alam yang sudah ditetapkan oleh Allah. Namun, setidaknya kita siap saat kondisi darurat, minimal menyiapkan tas siaga bencana di rumah.

Saat terjadi bencana, hal penting yang dilakukan adalah berusaha menyelamatkan nyawa diri sendiri dan keluarga. Kita perlu juga membawa barang penting agar bisa bertahan hidup saat keadaan darurat. Khususnya, sampai mendapatkan bantuan untuk bisa bertahan.

Mengingat beberapa waktu lalu di akhir agustus 2024, BMKG memberikan informasi adanya potensi gempa megathrust yang akan terjadi di selat sunda - mentawai. Hal itu sebenarnya bukanlah informasi baru. Pasalnya, Indonesia secara geografis dikelilingi oleh gunung aktif dan lautan asia pasifik. Memang memiliki potensi lebih sering mengalami bencana.

Maka, kita setidaknya selalu bersiap dengan keadaan darurat yang mungkin terjadi. Kali ini, aku mau membahas apa itu tas siaga bencana, seberapa penting dan barang apa saja yang perlu dipersiapkan? Simak penjelasannya sampai selesai ya.

Yuk, Siapkan Isi Tas Siaga Bencana Di Rumah

Apa Itu Tas Siaga Bencana?

Tas siaga bencana merupakan tas yang berisikan barang dan keperluan dasar untuk digunakan saat keadaan darurat. Biasanya untuk bisa memenuhi kebutuhan selama 3 hari.

Situasi darurat yang biasa digunakan saat terjadi kebakaran atau bencana alam, seperti gempa, tsunami, banjir bandang dan lainnya.

Kenapa Perlu Menyiapkan Tas Siaga Bencana?

Keadaan darurat dan bencana alam sering terjadi di waktu yang tidak dapat diprediksi. Seperti kejadian baru ini, ada bencana banjir bandang yang terjadi di ternate. Kejadian itu jam 2 pagi dini hari, dimana warga dalam keadaan tidur pulas. 

Untuk melakukan evakuasi diri biasanya hanya memiliki waktu singkat. Nah, dengan adanya tas siaga bencana dapat memudahkan diri dan keluarga untuk melakukan evakuasi.

Karena tujuan menyiapkan tas siaga bencana adalah dapat membantu diri dan keluarga saat menghadapi situasi darurat secara efektif. Jadi, tidak perlu pusing untuk mencari barang-barang penting.

Manfaat Tas Siaga Bencana

Melansir dari merdeka, ternyata dengan menyiapkan tas siaga bencana di rumah dapat memberikan banyak manfaat, antara lain :

  1. Proses evakuasi lebih mudah. Karena kita sudah menyiapkan tas siaga bencana. Kita tidak perlu lagi panik atau memilih barang penting yang perlu dibawa untuk mengevakuasi diri dan keluarga. Tinggal membawa tas yang sudah disiapkan sebelumnya.
  2. Meningkatkan kualitas hidup saat darurat. Isi tas siaga darurat memang disiapkan untuk kita bisa bertahan hidup sementara. Apabila belum mendapatkan bantuan saat bencana datang. 
  3. Siap dalam keadaan darurat. Dengan menyiapkan tas siaga darurat sedini mungkin. Secara sadar dan mental kita meningkatkan kesiapan dalam keadaan darurat.
  4. Mengurangi kerugian. Apabila kita menyiapkan lebih awal, bisa mengurangi kerugian yang mungkin terjadi. Minimal kita sudah menyiapkan surat penting yang bisa dibawa.
  5. Lebih efisien dan efektif. Saat keadaan darurat biasanya cenderung lebih panik dan tergesa-gesa ingin menyelamatkan diri. Adanya kesiapan barang darurat membantu lebih efisien dan efektif.
  6. Meminimalisir resiko dan dampak bencana. Pasca bencana terjadi biasanya terdapat banyak resiko dan dampak yang terjadi. Seperti pasokan air bersih terganggu. Dengan menyediakan keperluan pokok dan beberapa pertolongan pertama yang diperlukan. Dapat mengurangi resiko yang akan diakibatkan bencana. Setidaknya dalam beberapa waktu kita bisa bertahan hidup dengan lebih baik.

Itulah beberapa manfaat untuk diri sendiri dan keluarga, apabila sejak dini menyiapkan tas siaga bencana. Namun, sebelum kita menyiapkan isi tas yang diperlukan. Setidaknya kita perlu membuat daftar barang untuk isi tas siaga bencana di rumah.

Daftar Barang Untuk Isi Tas Siaga Bencana di Rumah

Berikut daftar barang yang perlu dipersiapkan untuk isi tas siaga bencana di rumah, antara lain :

1. Surat dan Dokumen Penting

Pertama perlu menyiapkan surat dan dokumen penting saat menghadapi bencana alam darurat. Bertujuan agar tetap memiliki identitas diri dengan baik. Misalnya KTP, Kartu keluarga, surat tanah, surat kendaraan, asuransi kesehatan, ijazah, akta dan dokumen pribadi yang penting lainnya.

2. Pakaian dan Alat Mandi

Menyiapkan pakaian ganti untuk 3 hari berupa pakaian dalam, baju, celana panjang, selimut kecil atau jaket, handuk dan lainnya. 

Kemudian tambahkan persediaan alat mandi. Terdiri dari sabun mandi, shampo, sikat gigi dan pasta gigi. Tips dari aku, untuk peralatan mandi bisa menggunakan ukuran sekali pakai atau ukuran travelling.

3. Makanan Tahan Lama

Menyiapkan makanan ataupun cemilan yang dapat tahan lama dan praktis untuk dikonsumsi. Seperti biskuit, minuman sereal, mie instan, abon, coklat dan lainnya.

4. Air minum

Air minum menjadi kebutuhan utama untuk isi tas siaga bencana. Pasalnya, kalau dalam kondisi pasca bencana untuk mendapatkan air minum sulit dan terbatas. Maka, penting menyiapkan air minum lebih banyak sebagai persediaan.

5. P3K dan Obat-obat khusus pribadi

Perlengkapan P3K penting disiapkan juga, apabila nanti mengalami luka ringan hingga sedang. Kondisi dimana masih bisa diobati dengan sendiri, minimal agar tidak mengalami infeksi dan menjadi lebih parah.

Selain itu, bagi yang memiliki penyakit tertentu juga sebaiknya dipersiapkan. Untuk stok selama keadaan darurat agar tetap bisa minum obat.

6. Peluit

Menyiapkan peluit dapat berguna saat kita berada di kondisi terjebak dan ingin meminta bantuan pertolongan.

7. Alat Komunikasi

Siapkan alat komunikasi berupa radio, handphone beserta dengan baterai dan chargernya. Agar bisa tetap berkomunikasi dan memantau keadaan saat bencana terjadi.

8. Alat Bantu Penerangan 

Alat bantu penerangan seperti senter, lampu emergency, lilin, dan korek perlu disiapkan juga di dalam tas siaga bencana. Biasanya saat kondisi bencana alam yang cukup parah, aliran listrik akan terputus.

9. Kebutuhan Pendukung

Setelah daftar barang yang disebutkan, selanjutnya perlu menyiapkan daftar barang lainnya berupa kebutuhan pendukung, antara lain :

  • Uang tunai
  • Masker untuk melindungi diri dari udara yang tercemar
  • Hand sanitizer 
  • Perlengkapan mandi
  • Tisu kering
  • Tisu basah

Isi tas siaga bencana tidak hanya disiapkan begitu saja. Apabila dalam kurung waktu 1 bulan tidak digunakan, sebaiknya secara berkala di cek perlengkapannya. Apakah ada barang yang sudah tidak layak pakai atau makanan yang kadaluarsa.

Isi tas siaga bencana di rumah

Hal yang Perlu diperhatikan Saat Menyiapkan Tas Siaga Bencana

Keperluan setiap orang berbeda dalam menyiapkan isi tas siaga bencana di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebagai berikut :

  1. Pastikan menggunakan ukuran yang pas dan bisa memuat semua barang yang diperlukan.
  2. Penyimpanan dokumen dan surat penting sebaiknya dipisahkan dengan menggunakan map atau kantong anti air
  3. Jika memiliki anak-anak, jangan lupa menyiapkan barang khusus. Seperti popok sekali pakai, susu, dan obat khusus anak
  4. Pilih makanan yang praktis dibawa dan mudah untuk dikonsumsi. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa dari makanan tersebut.

Itulah, penjelasan mengenai tas siaga bencana yang perlu disiapkan di rumah. Betapa pentingnya kita selalu dalam keadaan siap saat darurat. Agar bencana alam atau kondisi darurat yang terjadi kita tetap bisa tenang dan melakukan evakuasi secara efektif dan efisien. Stay safe dan semoga artikel kali ini bermanfaat.

Nb : Artikel ini adalah bagian dari latihan komunitas LFI supported by BRI.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar