mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Yuk, Cari Tahu Penyebab Komedo Hitam Agar Tampil Cantik Percaya Diri

Konten [Tampil]
Cari Tahu Penyebab Komedo Hitam Agar Tampil Cantik Percaya Diri

Lebih banyak aktivitas di rumah kadang jadi lupa untuk merawat kulit wajah. Karena merasa di dalam ruangan tidak terpapar polusi akhirnya jadi lupa membersihkan wajah. Eh, tidak sadar sudah banyak bintik-bintik hitam di wajah alias komedo hitam. Kali ini, aku mau berbagi mengenai penyebab komedo hitam agar ibu di rumah tetap tampil cantik percaya diri.

Jangan salah ya, tampil cantik tidak harus putih dan glowing. Selama kulit wajah terawat, tidak ada jerawat atau noda itu juga penting. 

Buat ibu di rumah seperti aku secara logika harusnya punya banyak waktu untuk merawat wajah. Kenyataanya aku nggak sempat merawat wajah karena disibukan dengan kegiatan domestik dan merawat anak. Sadarnya, pas mau keluar rumah taunya ada bintik-bintik hitam di wajah. Jadi mulai panik deh.

Mengenal Komedo Hitam

Bintik-bintik hitam atau komedo hitam di kulit wajah merupakan penumpukan dari kotoran, sel kulit mati yang tercampur dengan minyak pada wajah. 

Dilansir dari laman alodokter, komedo terdapat dua jenis yaitu komedo putih dan komedo hitam (blackhead). Pada komedo putih tertutupi dengan lapisan kulit dan sumbatannya berwarna putih. Sedangkan, komedo hitam biasa disebut komedo terbuka karena terpapar dengan udara dan polusi sehingga berubah menjadi hitam.

Komedo lebih banyak muncul di kulit wajah, tapi tidak menutup kemungkinan muncul di area lain. Seperti bahu, dada, punggung ataupun leher.

Pasti tau kan ya, komedo tidak menimbulkan rasa sakit dan gejala. Sampai tidak menyadari kalau di wajah ternyata sudah dipenuhi si bintik hitam ini. 

Jadinya, pas menyadari komedo menghampiri dapat mengurangi rasa percaya diri untuk keluar rumah. Lalu, apa penyebab komedo hitam di kulit wajah? Coba kita bahas satu persatu ya 

Penyebab Komedo Hitam

Berdasarkan pengalaman, munculnya komedo hitam tidak berbeda jauh ya dengan komedo putih biasanya. Meskipun ada beberapa penyebab khususnya. Diantara beberapa kondisi penyebab muncul komedo hitam di kulit wajah kita antara lain seperti :

Perubahan hormon pada tubuh, menyebabkan produksi minyak pada kulit wajah meningkat. Ketika sedang menstruasi, sedang konsumsi pil KB

  • Menumpuknya sel kulit mati yang tidak dapat terkelupas dengan baik. Karena dalam pembersihannya tidak maksimal.
  • Adanya bakteri pada kulit wajah 
  • Penggunaan produk perawatan kulit wajah yang tidak cocok, sehingga menimbulkan iritasi.
  • Terpaparnya polusi dan kotoran di udara lingkungan sekitar yang jarang disadari. Walaupun hanya dirumah saja, tetap akan terpapar polusi atau debu yang masuk ke dalam rumah. 
  • Terlalu banyak konsumsi makanan kurang sehat, seperti terlalu banyak asupan gula, tepung dan minyak.
  • Kurangnya dalam membersihkan kulit wajah. Setidaknya walaupun hanya di dalam rumah seharian tetap membersihkan wajah minimal 2 kali dalam satu hari. 

Nah, dari beberapa poin di atas, yang mana menurut kalian menyebabkan munculnya komedo hitam? Kalau aku sendiri, jarang membersihkan kulit wajah karena lupa dan tidak sadar terpapar polusi dari udara sekitar. Sehingga mempercepat penumpukan kotoran di pori-pori wajah.

Penyebab komedo hitam di wajah

Tips Mengatasi Komedo Hitam di Wajah 

Atas kesadaran diri karena ingin tetap tampil cantik dan percaya diri. Aku pun mulai mencari tahu bagaimana mengatasi komedo hitam ini. Kan nggak mau membiarkan begitu saja, walaupun tidak menimbulkan gejala. Tapi bisa saja lama-lama akan meradang dan menjadi masalah jerawat. Duh, kan nggak mau semakin parah ya.

Kadang gemes juga mau buru-buru pencet untuk mengeluarkan komedo dari wajah. Tapi jangan ya, bisa jadi malah membuat parah. Oleh karena itu, aku mencari beberapa informasi dan dipraktekan sendiri.

Berdasarkan pengalaman yang aku lakukan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo hitam di wajah, antara lain :

1. Rutin Membersihkan Wajah

Berada di dalam rumah seharian tidak menutup kemungkinan wajah terpapar dengan debu dan kotoran. Jadi tetap menjaga kebersihan wajah sangatlah penting. 

Bersihkan wajah setidaknya dua kali dalam satu hari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Gunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Agar hasil dari membersihkan wajah secara maksimal.

Apabila kulit wajah selalu terjaga bersih maka akan meminimalisir adanya tumpukan kotoran dan minyak yang berlebih.

2. Double Cleansing

Mencuci wajah hanya menggunakan sabun cuci muka terkadang belum mendapatkan hasil yang maksimal. Coba lah untuk melakukan double cleansing agar terjamin kulit wajah bersih.

Double cleansing adalah membersihkan wajah dengan lebih dari satu kali. Misalnya setelah mencuci muka dengan sabun, dilanjutkan dengan membersihkan menggunakan cleansing oil. Kotoran pada wajah akan terangkat sempurna. Membersihkan wajah dengan metode ini cukup efektif membantu mengurangi penumpukan kotoran.

3. Melakukan Eksfoliasi 

Eksfoliasi merupakan salah satu perawatan wajah yang memiliki fungsi mengangkat sel kulit mati secara maksimal. Rutin melakukan eksfoliasi satu kali dalam seminggu dapat bantu membersihkan tumpukan sel kulit mati dengan lebih efektif.

Pilih produk untuk melakukan eksfoliasi yang mengandung bahan asam salisilat atau asam glikolat. Karena kandungan tersebut dapat mengangkat kotoran hingga ke dalam pori-pori kulit.

4. Cukupi Asupan Cairan Tubuh

Perawatan untuk kulit wajah bukan hanya melalui luar saja, tapi dari dalam tubuh juga perlu diperhatikan. Menjaga asupan cairan tubuh agar tetap terhidrasi

5. Menggunakan Pelembab dan Sunscreen Walaupun di dalam Rumah

Menggunakan pelembab dan sunscreen sangat diperlukan untuk kulit wajah walaupun hanya melakukan aktivitas di dalam rumah. 

Karena kulit yang kelembapannya terjaga, maka produk minyak akan terkontrol dengan baik. Dapat mengurangi penumpukan kotoran pada kulit wajah.

6. Masker Wajah

Rutin menggunakan masker wajah juga dianggap ampuh mengatasi komedo. Tentu dengan memperhatikan kandungan yang cocok untuk menghilangkan komedo. Seperti mengandung charcoal dan tea tree oil.

Menggunakan masker memiliki manfaat untuk membersihkan wajah dan menutrisi kulit agar lebih sehat. Sekarang juga tidak perlu bingung karena sudah banyak varian masker wajah yang mudah didapatkan. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

7. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan sangat diperlukan untuk kesehatan kulit wajah. Dengan menghindari makanan yang mengandung lemak dan tinggi gula. Sebaiknya lebih mengutamakan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik, vitamin dan serat. 

Pentingnya Merawat Wajah Agar Tetap Tampil Percaya Diri

Mungkin setelah menjadi ibu sebagian mulai mengabaikan perawatan diri terutama wajah. Entah karena tidak memiliki waktu ataupun merasa tidak penting.

Nyatanya, merawat wajah agar tetap cantik dapat membantu ibu selalu tampil percaya diri. Kecantikan seseorang memang relatif dari pandangan orang lain. Setidaknya memiliki wajah yang terawat dan bersih merupakan salah satu sumber kecantikan seorang ibu.

Memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih akan membantu tampil percaya diri. Jadi, walaupun hanya lebih sering di rumah tetap merawat kulit wajah secara rutin. Gunakan produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit. Agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan mengetahui penyebab komedo hitam muncul di kulit wajah. Dapat bantu kita merawat kulit wajah lebih efektif. Sehingga kita bisa tetap cantik tampil percaya diri baik di dalam rumah maupun saat keluar rumah. Semoga bermanfaat ya. 

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar