mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Kulit Kusam? Ini Cara Membuat Masker Timun Untuk Mencerahkan Wajah

Konten [Tampil]
Kulit Kusam? Begini Cara Membuat Masker Timun Untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Cara membuat masker timun untuk mencerahkan kulit selalu membuat aku penasaran. Pasalnya, semenjak jadi ibu di rumah aku merasa memiliki kulit lebih kusam. 

Maklum, waktu untuk melakukan perawatan kulit wajah tidak ada. Kesibukan mengurus rumah dan anggota keluarga, membuat aku lupa meluangkan waktu untuk melakukan perawatan.

Biasanya kalau sudah jadi ibu maunya perawatan wajah yang praktis dan murah meriah. Biar tidak mengganggu pos keuangan belanja. Betul apa betul? Hehe

Siapa sangka kalau merawat kulit wajah kusam bisa juga menggunakan bahan yang mudah didapatkan. Apalagi kalau bukan timun atau mentimun.

Mengenal Timun atau mentimun

Timun atau mentimun memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus. Masuk dalam keluarga labu-labuan. Timun dikenal oleh masyarakat awam masuk jenis sayur-sayuran. Kenyataanya, secara ilmu pertanian timun masuk dalam kelompok buah.

Dilansir dari healthline, definisi ilmiah menunjukan timun tumbuh dari bunga dan mengandung banyak biji. Dimana biji timun tersebut dapat digunakan kembali untuk membudidayakan timun selanjutnya.

Walaupun begitu, timun yang lebih banyak ditemukan didaerah Asia Tenggara. Menjadi makanan favorit untuk dikonsumsi. Bentuk timun yang khas lonjong panjang dan memiliki kulit berwarna hijau memiliki rasa yang enak. Mengandung banyak air yang bisa membantu menghidrasi tubuh kita.

Timun menjadi makanan sehat dan lezat untuk dikonsumsi. Biasanya dimakan sebagai lalapan, salad, acar atau dicampur dalam masakan lainnya. 

Timun atau mentimun memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, magnesium, asam folat, dan antioksidan. Kita tidak hanya merasakan manfaat dari nutrisi kandungan timun untuk kesehatan tubuh. Namun, timun juga dapat memberikan manfaat pada kesehatan kulit loh.

6 Manfaat Timun Untuk Kulit Wajah

6 manfaat timun untuk kulit wajah, cara membuat masker timun

Sebelum aku membahas cara membuat masker timun, alangkah baiknya kita mengetahui manfaatnya dulu. 

Timun memiliki nutrisi penting untuk kulit wajah, seperti vitamin C, mineral, kandungan air yang banyak dan antioksidan. Dengan cara dibuat menjadi masker wajah, bagi penggunanya akan mendapatkan manfaat baik. Berikut 7 manfaat timun untuk kulit wajah, antara lain :

1. Melembapkan Kulit Wajah

Timun memiliki kandungan air sekitar 90 persen. Dari kandungan air tersebut dapat membantu melembapkan dan menjaga kulit wajah agar tetap terhidrasi. Agar mendapatkan hasil maksimal, dalam penggunaan masker timun dapat ditambahkan dengan bahan alami lainnya.

2. Memberikan Kesegaran Pada Kulit Wajah

Timun yang dibuat masker untuk kulit wajah dapat memberikan sensasi kesegaran setelah memakainya. Karena air yang terkandungnya lebih banyak, bikin wajah terasa adem.

3. Mengurangi Pembengkakan

Selain memberikan kesegaran dari kandungan airnya, timun dapat membantu mengurangi pembengkakan pada mata dan kulit wajah. Terutama pada bagian lingkaran mata, bisa dikompres dengan irisan timun. 

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Di dalam timun terdapat banyak vitamin, berfungsi sebagai antioksidan. Manfaat dari antioksidan bagi kulit wajah yaitu dapat membantu mengurangi melanin pada kulit wajah yang terpapar sinar matahari.

5. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dan antioksidan didalam timun mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit wajah. Manfaat lain dalam penggunaan timun pada kulit wajah adalah bantu kulit wajah lebih kenyal, kencang dan lebih sehat. Dengan memiliki kulit wajah yang selalu sehat dapat mencegah penuaan diri berupa kerutan di wajah.

6.Mengatasi Jerawat

Jerawat biasanya muncul karena kulit wajah berminyak secara berlebih, sehingga sel kulit mati mudah terjebak di pori-pori. Pada kandungan timun memiliki fungsi membersihkan kulit secara menyeluruh, dan mengecilkan pori-pori. Maka, jerawat pada kulit wajah pun dapat teratasi dengan baik.

Besarnya manfaat timun untuk kesehatan kulit wajah tentu tak boleh kita lewatkan begitu saja. Apalagi untuk mendapatkan timun sangatlah mudah dan harganya cukup terjangkau.

Buat ibu rumah tangga yang ingin mengatasi kulit kusamnya bisa dengan membuat masker timun sendiri di rumah. Proses pembuatannya juga sangat mudah dilakukan. Cukup ditambahkan beberapa tambahan lain yang dapat disesuaikan sendiri. Simak yuk, cara membuat masker timun untuk mencerahkan kulit wajah.

Cara Membuat Masker Timun

Cara membuat masker timun untuk mencerahkan kulit wajah

Dari beberapa sumber dan eksperimen sendiri di rumah, aku mau sharing cara membuat timun sendiri yang mudah dilakukan, antara lain :

1. Masker Timun Murni

Masker timun murni ini artinya hanya menggunakan bahan timun tanpa ada tambahan lainnya. Dapat memberikan manfaat kesegaran pada wajah dan kulit terasa lebih kencang setelah memakainya. 

  • Siapkan setengah buah timun ukuran sedang. Kupas kulit timun hingga bersih.
  • Blender timun atau haluskan menggunakan parutan keju.
  • Saring hasil timun yang sudah dihaluskan dari ampasnya.
  • Siapkan kapas bersih. Rendam kapas dengan air hasil timun yang sudah dihaluskan.
  • Aplikasikan pada kulit wajah kapas yang sudah terendam dengan air timun. Cukup gunakan selama 5-10 menit saja.
  • Bilas dengan air bersih, dan rasakan sensasi setelah memakai masker timun murni ini.

2. Masker Timun dan Yogurt

Ada yang sudah tahukah, yogurt bisa digunakan juga untuk masker? Kandungan lactic acid dalam yogurt membantu melembapkan dan mencerahkan kulit loh. Dengan membuat masker timun dan yogurt dapat memberikan hasil lebih maksimal, cocok banget buat yang memiliki kulit kering. Nah, berikut cara membuatnya :

  • Siapkan 1 /2 buah timun yang sudah dicuci bersih dan kulitnya dikupas.
  • Masukan ke dalam blender dan tambahkan 2-3 sdm yogurt plain.
  • Blender timun dan yogurt hingga halus
  • Tuangkan pada wadah. 
  • Kemudian oleskan masker timun dan yogurt pada wajah yang sudah bersih.
  • Diamkan selama 5-10 menit.
  • Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Rasakan manfaatnya dengan menggunakan secara rutin seminggu 2 kali.

3. Masker timun, oatmeal dan madu

Kulit kusam biasanya dikarenakan perubahan warna pigmen kulit dari paparan sinar matahari, dan tumpukan sel kulit mati. Aku pribadi jarang sekali melakukan eksfoliasi untuk kulit wajah. Akhirnya aku menemukan cara alami dan praktis dengan membuat masker timun, oatmeal dan madu.

Oatmeal dan madu memiliki manfaat pada kulit untuk mengangkat sel kulit mati, meregenerasi kulit wajah sehingga membantu kulit lebih cerah. Cara membuat masker timun, oatmeal dan madu tidak beda jauh dengan sebelumnya, sebagai berikut : 

  • Siapkan 1/ 2 buah timun yang sudah dicuci bersih dan kulitnya sudah dikupas.
  • Masukan timun, 2 sdm oatmeal, dan 1 sdm madu. Blender semua bahan hingga halus
  • Tuangkan pada wadah dan siapkan kuas.
  • Oleskan masker pada wajah secara menyeluruh

Diamkan masker sekitar 5-10 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Rasakan manfaat dari masker alami dari timun, oatmeal dan madu ini. Kulit akan terasa lebih kencang dan rasa segar setelah pemakaian.

Nah, itulah 3 cara membuat masker timun yang mudah dilakukan dirumah. Timun tidak hanya memberikan nutrisi pada kesehatan tubuh untuk dikonsumsi. Namun, bisa menjadi solusi merawat kulit kusam bagi ibu rumah tangga. Dapatkan manfaat dari membuat masker timun untuk kesehatan kulit wajah. Selamat mencoba di rumah ya.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar