mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

10 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Konten [Tampil]

 

Manfaat semangka untuk ibu hamil

Buah semangka berbentuk bundar memiliki ukuran cukup besar, bagian kulitnya berwarna hijau dengan pola garis hitam. Buah satu ini merupakan favorit semua orang untuk dikonsumsi apalagi cuaca sedang panas. Karena mengandung 90% air dan sangat menyegarkan tubuh. Siapa sangka manfaat buah semangka untuk ibu hamil sangat baik untuk perkembangan janin.

Fakta Nutrisi Semangka

Buah yang memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral ini memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil. Siapa sangka nutrisi yang terkandung didalamnya dapat mendukung perkembangan janin. Satu porsi semangka ukuran 100 gram menyediakan: nutrisi sebagai berikut : 

  • Kalsium 7 mg
  • Magnesium 10 mg
  • Kalium 112 mg
  • Vitamin C 8,1 mg

Dilansir dari situs halodoc, selain mineral dan vitamin yang disebutkan diatas, pada buah semangka mengandung senyawa likopen dan citrulline. Kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Buah semangka ini hampir tidak mengandung lemak dan protein, sehingga kalorinya sangat sedikit. Meskipun begitu, yuk kita cari tahu lagi manfaat buah semangka untuk ibu hamil apa saja.

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil

Buah merah yang rasanya manis dan enak memang cocok untuk dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil. Kandungan gizi dan nutrisi didalamnya dapat memberikan manfaat untuk ibu dan janin. Yuk intip 10 Manfaat buah semangka untuk ibu hamil di bawah ini ya.

1. Dapat Menghidrasi Tubuh

Ada beberapa kasus ibu hamil yang tidak bisa minum air putih karena mual. Buah semangka bisa menjadi alternatif untuk ibu hamil agar tetap terhidrasi dengan baik. Kandungan air dan mineral pada semangka dapat melengkapi kebutuhan cairan tubuh ibu dan perkembangan janin.

2. Mengurangi Mual Karena Morning Sickness

Pada awal kehamilan ibu hamil kebanyakan mengalami mual atau morning sickness. Dengan konsumsi buah semangka di pagi hari, dapat membantu mengurangi rasa mual. Tubuh akan terasa lebih segar, karena rasa manis dan ringan di konsumsi di pagi hari. 

Bukan hanya dikonsumsi secara langsung, bisa divariasikan dibuat menjadi jus atau es krim. Agar lebih nikmat untuk dikonsumsi.

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Dilansir dari situs alodokter, kandungan kalium yang terdapat di buah semangka dapat membantu menurunkan tekanan darah. Karena jenis mineral itu memiliki peran penting menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

Nutrisi mikronutrien seperti kalium memang dibutuhkan untuk ibu hamil. Guna menunjang perkembangan janin yang baik.

4. Mengurangi Kram Otot

Sering kali ibu hamil mengeluhkan kram otot pada tangan dan kaki, bahkan hingga bengkak. Maka, perlunya menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit pada tubuh ibu hamil. Konsumsi buah yang mengandung kalium memang sangat penting. 

Semangka yang memiliki kandungan kalium cukup tinggi sehingga baik dikonsumsi setiap hari i ibu hamil. Dengan begitu dapat membantu mengurangi keluhan kram otot pada tangan dan kaki.

5. Mencegah Sembelit

Memasuki usia kehamilan trimester 3, permasalahan ibu hamil yang sering dialami adalah sembelit. Maka, penting penuhi kebutuhan serat pada tubuh.

Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung serat. Sehingga dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan melancarkan buang air besar. Ibu hamil yang konsumsi makanan berserat dapat bantu mencegah sembelit selama kehamilan. 

6. Dapat Mengendalikan Gula Darah

Serat yang terkandung dalam semangka bukan hanya mencegah sembelit. Tapi dapat membantu juga proses pencernaan secara perlahan. Kadar gula dalam darah dapat terkontrol dengan baik. Selain karena kandungan serat saja, citrulline juga memegang peran baik. Berfungsi untuk merangsang produksi insulin, dimana penyerapan glukosa menjadi optimal di dalam tubuh.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Semangka memiliki kandungan lemak yang cukup rendah, termasuk lemak tak jenuh. Dimana lemak jenuh membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Dengan makan buah semangka, tubuh ibu hamil akan mendapatkan nutrisi lemak sehat yang dapat menyehatkan jantung.

8. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tingginya vitamin c yang terkandung pada buah semangka dapat bantu menjaga daya tahan tubuh. Sudah tidak asing banyak yang mengetahui bahwa manfaat vitamin c untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kandungan dalam buah semangka bukan hanya vitamin c tetapi berbagai antioksidan lainnya. Dimana, antioksidan memegang peran menjaga pertahan tubuh dari radikal bebas dan meregenerasi sel yang rusak.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat bantu memaksimalkan pembentukan sel baru pada tubuh. 

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit dengan baik untuk ibu hamil sangat perlu dilakukan. Terkadang banyak permasalahan yang dihadapi saat hamil, seperti gatal, kulit kering, hingga kemerahan. 

Buah semangka yang mengandung tinggi air, vitamin c dan vitamin a, sehingga dapat menjaga kesehatan kulit untuk ibu hamil. Dengan begitu kulit dapat terjaga terhidrasi dan kelembabannya. 

10. Mencegah Preeklamsia Selama Kehamilan

Kandungan likopen pada buah semangka sebagai antioksidan untuk tubuh, sehingga dapat mencegah preeklamsia selama kehamilan. Dimana preeklamsia merupakan komplikasi yang terjadi pada ibu hamil karena tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung likopen ini juga dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Penutup

Buah semangka aman dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil. Perlu diingat makan makanan yang seimbang itu lebih baik. Dimana, sekali makan usahakan mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. 

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil sangat beragam yang dapat dirasakan. Konsumsi dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan lebih baik. Agar tidak menambah frekuensi buang air kecil secara berlebihan. 

Ibu hamil jangan lupa untuk tetap mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi yang lain secara seimbang ya. Agar tetap sehat selama masa kehamilan. 

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar