mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Ajak Anak Mandi Hujan Yuk, Ini Manfaatnya Loh Moms

Konten [Tampil]

 

Manfaat Mandi Hujan

Mamih mamih hujaan

Teriak zaara dari ruang tengah, sambil berlari kecil mendatangi saya di kamar. 

Mamih hujan, kakak mau mandi hujan, boleh nggak?”

Tunggu hujannya deras ka,

Saya meminta zaara untuk menunda sebentar jika mau mandi hujan. Dari yang saya ketahui, lebih baik mandi hujan saat hujan deras tiba.

Tidak lama kemudian, hujan deras pun datang.

Horee… mamih mamih ini udah deras belum hujannya? Ayo ayo keluar mamih kita main hujan-hujan”

Gembiranya zaara meminta untuk keluar rumah biar bisa mandi hujan. Saya pun segera membukakan pintu, membiarkan zaara mandi hujan dengan gembira. Bukan hanya zaara, tapi adiknya pun ikut ingin mandi hujan.

***

Kebanyakan anak-anak paling senang dengan main air, benar tidak Moms? Salah satunya dengan main hujan. 

Tidak jarang sebenarnya para orang tua yang melarang anak untuk main hujan. Karena khawatir dengan kesehatan anak akan sakit setelah bermain hujan. 

Lalu, bagaimana ya sebenarnya boleh tidak membiarkan anak bermain hujan? Ternyata main atau mandi hujan bisa mendatangkan manfaat pada anak. Selama dilakukan dengan kondisi yang aman. Sebelum kita bahas kondisi aman untuk bermain hujan seperti apa. Kita bahas lebih dulu manfaat dari mandi hujan ya. Simak sampai selesai ya.

Manfaat Mandi Hujan

Bermain air menjadi bagian paling menyenangkan untuk anak. Termasuk bermain mandi hujan. Dengan bermain mandi hujan anak bisa mendapatkan pengalaman baru dan mendapatkan manfaat, antara lain :

1. Melatih Perkembangan Motorik dan Sensorik Anak

Saat anak bermain mandi hujan, anak akan senang dan bergerak secara aktif. Gerakan berlari, melompat, memutar menikmati air hujan yang turun ke tubuh si kecil sama dengan melatih perkembangan motoriknya. Dari aktifitas gerak yang dilakukan oleh anak.

Begitu juga untuk perkembangan sensorik anak. Anak merasakan sentuhan air hujan, rasa air hujan, dan suara dari hujan. Anak jadi mengenal dengan air hujan secara langsung. Menjadi pengalaman yang berharga bagi anak.

2. Menambah Pengetahuan Sekitar Pada Anak

Dengan bermain mandi hujan di luar rumah, memberikan kesempatan pada anak untuk menambah pengetahuan sekitar. Karena bermain di alam terbuka anak dapat mengeksplorasi secara luas yang ada disekitarnya. Seperti melihat air genangan yang dihasilkan dari hujan, batu kerikil yang menjadi basah dan lainnya.

3. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

Melihat air hujan sering mendatangkan imajinasi pada orang dewasa. Ternyata anak-anak juga merasakan hal yang sama. Dengan bermain mandi hujan anak bisa berpikir untuk lebih kreatif dan imajinasi. 

Hal itu akan muncul secara bertahap, pikiran imajinasinya seiring ide - ide permain yang dilakukan saat hujan. Misalnya menghanyutkan daun besar pada genangan air yang mengalir seperti kapal.

4. Mengurangi Stress Pada Anak

Bermain mandi hujan di luar rumah dapat mengurangi stress pada anak. Kok bisa? Tentu bisa karena anak akan mendapatkan suasana baru saat bermain. Tidak melulu bermain di dalam rumah, atau kadang mengalami pertengkaran dan sebagainya. 

5. Menambah Pengalaman Baru

Kesempatan mandi hujan akan menambah pengalaman baru yang unik pada anak. Karena anak jadi bisa mengenal dengan alam, cuaca di sekitar, dan sumber air yang dihasilkan.

Tips Tetap Aman Mandi Hujan Untuk Anak

Sebagai orang tua tetap ingin selalu anak dalam keadaan sehat dan aman setiap hari. Tapi bukan berarti banyak melarang anak untuk beraktivitas diluar ruangan. Tidak ada salahnya sesekali memberikan kesempatan anak untuk bermain mandi hujan. Sebelum memberikan izin pada anak untuk bermain mandi hujan, perhatikan tips berikut ya. Agar anak tetap aman selama mandi hujan.

1. Perhatikan Kondisi Kesehatan Anak

Sebelum memberikan izin anak bermain mandi hujan. Pastikan kondisi kesehatan anak dalam keadaan sehat dan fit. Jika anak sedang dalam keadaan sakit, antibodi tubuh sedang menurun. Bisa mengakibatkan anak terkena penyakit.

Oleh karena itu, agar tetap aman. Izinkan anak bermain mandi hujan saat dalam keadaan sehat dan bugar.

2. Perhatikan Cuaca dan Keamanan Sekitar

Cuaca dan keamanan sekitar rumah saat hujan perlu diperhatikan. Pastikan hujan yang tidak dalam keadaan banyak petir dan geledek. Ataupun tidak saat hujan yang sangat deras sehingga membuat jalanan banjir. Pastikan selama bermain mandi hujan selalu dalam pengawasan orang tua. Apabila cuaca memburuk segera ajak anak untuk menghentikan bermain mandi hujan.

3. Segera Membersihkan Tubuh

Apabila setelah bermain mandi hujan, jangan menunda untuk mandi. Segeralah ajak anak untuk mandi dan membersihkan tubuh. Kalau bisa beri air hangat saat mandi. Bersihkan seluruh tubuh tanpa kecuali dengan sabun antiseptik agar tubuh anak lebih terlindungi dari kuman.

4. Perhatikan Asupan Makanan 

Setelah bermain mandi hujan dan bersih-bersih air hangat, perut akan terasa lapar. Paling pas untuk konsumsi makanan yang hangat. Berikan makanan yang hangat dan memiliki nutrisi baik untuk tubuh anak. Misalnya sop tulang daging sapi, bakso dengan kuah hangat dan lainnya.

Penutup

Ajak anak mandi hujan yuk Moms, tidak ada salahnya mengajak anak mandi hujan loh. Karena dengan mandi hujan anak mendapatkan manfaat baik. Selama dilakukan dalam keadaan aman dan memperhatikan lingkungan sekitar. Jadi, kapan moms mengajak anak mandi hujan?

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar