mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Resep Indomie Goreng Sehat Homemade

Konten [Tampil]

  

Resep Indomie Goreng Sehat Homemade

Salah satu makanan kesukaan anak pertama saya adalah mie. Sebenarnya dimasak apapun selama itu ada bentukan mie pasti di lahap langsung habis. Makanan mie instan, mie ayam, mie bakso dan lainnya pasti suka. 

Sebagai orang tua, saya sebenarnya nggak mau kasih menu makan mie sering-sering. Karena kurang sehat dan nilai gizinya tidak terlalu baik. Apalagi kalau mintanya mie instan, seperti indomie. Memang rasa indomie goreng udah paling melegenda. Rasanya yang khas, enak dan semua kalangan suka.

Beberapa waktu lalu, muncul video yang memberikan resep untuk membuat bumbu homemade yang rasanya persis seperti indomie. Wah, setelah menontonnya saya sangat tertarik untuk mencoba membuatnya. Selain bumbu yang digunakan lebih sehat, bisa masak kapan aja dengan mudah dan praktis

Resep indomie sehat homemade adaptasi dari channel YouTube dinda alamanda. Menurut saya pribadi, ini wajib di coba buat yang ingin makan mie goreng tapi tetap sehat, berikut resepnya :

Bahan Membuat Minyak Bawang :

  • Kulit ayam 100 gram
  • 10 siung Bawang putih
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Membuat Indomie Goreng Sehat Homemade : 

  • Mie telur 
  • Kecap asin
  • Kecap manis
  • Kaldu masak (kaldu jamur/ kaldu ayam)
  • Sedikit garam
  • Bubuk cabe, lada (sesuai selera)

Bahan Pelengkap :

  • Sawi hijau
  • Telur ayam, sosis, bakso (topping disesuaikan dengan selera dan yang ada di rumah aja ya)

Cara Membuat Minyak Bawang :

  1. Siapkan kulit ayam yang sudah dicuci bersih
  2. Siapkan teflon anti lengket, panaskan teflon. Masak kulit ayam dengan api kecil hingga minyak dari ayam keluar serta kulit ayam berubah warna kecoklatan dan garing
  3. Setelah kulit ayam garing dan minyak dari ayam sudah keluar, sisihkan kulit ayamnya. 
  4. Siapkan bawang putih. Blender kasar bawang putih bersama kulit ayam.
  5. Kemudian, panaskan kembali minyak dari ayam yang sudah didapatkan tadi. Tambahkan dengan minyak sayur secukupnya. Panaskan minyak sebentar, tuang bawang putih dan kulit ayam yang sudah diblender tadi.
  6. Masak hingga bawang putih matang dan berwarna kecoklatan. Jika ada buih yang dihasilkan, itu tidak masalah. Karena buih tersebut berasal dari minyak ayam.
  7. Jika sudah matang, tunggu hingga dingin. Simpan minyak bawang pada wadah kaca yang tertutup.

Selanjutnya, cara membuat indomie goreng sehat homemade sudah bisa dilakukan. Kunci dari indomie goreng sehat homemade ini adalah di minyak bawang. Jadi pastikan masak minyak bawang dengan kematangan yang pas, bawangnya jangan sampai gosong atau belum kering. Karena akan mempengaruhi rasa dari mie gorengnya nanti.

Sekarang, saya akan menjelaskan cara membuat indomie goreng sehat homemade, sebagai berikut :

  1. Rebus mie telur sesuai dengan porsi
  2. Masak topping yang sudah disiapkan sebelumnya
  3. Siapkan piring untuk meracik indomie goreng sehat homemade.
  4. Tuangkan 1 sdm minyak bawang, 1 sdt kecap manis, 1 sdt kecap asin. Garam, kaldu, lada dan cabai bubuk bisa digunakan sesuai dengan selera
  5. Mie yang sudah matang, di tuang pada mangkuk yang sudah ada bumbu racikan tadi
  6. Aduk hingga rata, tambahkan topping sesuai selera. Selamat menikmati.

Nah, itulah resep indomie goreng sehat homemade ala dinda alamanda. Resep ini menggunakan bumbu racikan dibuat sendiri. Insya allah, anak-anak di rumah akan suka dengan rasanya. Karena hampir mirip dengan mie instant favoritnya. Jadi, nggak perlu khawatir lagi dengan bumbu yang terkandung dalam mie instant. Selamat mencoba ya.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar