mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Refleksi 2 Tahun Ngeblog

Konten [Tampil]

Refleksi 2 tahun ngeblog

Assalamualaikum wr wb

Halo Moms, saat ini saya lagi kepikiran untuk sedikit membahas refleksi diri ngeblog selama 2 tahun ini. Ya, cerita perjalanan anadzilah sudah hadir dari tahun 2022.


Memasuki pertengahan tahun, saya jadi teringat alasan membuat blog ini. Saya pertama kali tinggal di Batam, banyak sekali kejadian yang dialami. Dimana setiap kejadian itu membuat sedikit kaget. Sering kali, saya mengeluarkan keluh kesah dengan membuat status ‘receh’ di instagram. Hal itu membuat keluarga bertanya-tanya dengan kondisi saya yang sebenarnya.


Sebenarnya saya hanya sekedar mengeluarkan keluh kesah yang emang berlalu sekali aja. Tanpa pernah berpikir panjang, akan menimbulkan dampak buruk. Saya pun mendapatkan saran oleh kakak untuk membuat blog. Menulis semua kejadian yang dialami agar lebih baik.


Saya pun waktu itu belum bisa menulis cerita dengan baik. Apa yang ingin saya ceritakan kurang menyenangkan saat dibaca. Makin lama saya banyak dikenalkan blogger yang keren-keren. Saya sampai bergumam, ‘apa bisa saya melakukan ini juga?”


Apalagi ‘katanya’ menulis artikel di blog bisa menjadi penghasilan tambahan juga. Cocok buat ibu rumah tangga seperti saya. Meskipun begitu, satu tahun pertama saya sama sekali tidak punya tekad bulat ataupun impian. 

Ngeblog Suka-suka


Yap, bisa dibilang saya ngeblog suka-suka di tahun pertama. Sebulan paling hanya satu artikel saja yang saya tulis. Walaupun rasanya setiap kejadian yang dilalui ingin saya tulis. Maklum, saya tidak punya teman cerita entah terakhir kapan. Sepertinya pertemanan saya kurang berjalan baik, karena saya banyak menarik diri untuk tidak bergabung karena kurang percaya diri.

Harapan Ngeblog Kedepannya

Akhir tahun 2023, saya mulai rajin dan tertarik dengan menulis artikel di blog lebih serius. Karena saya penasaran dengan arisan backlink yang dibuat oleh momqueenmq.com


Sejujurnya saya tidak mengerti konsep dan tujuan dari arisan backlink. Saya ingin ikut karena kegiatan yang dilakukan adalah menulis satu artikel dalam satu minggu dengan tema bebas. Saya berpikir ini kesempatan bagus, agar punya motivasi untuk menulis artikel.


Benar saja, dari grup arisan backlink saya banyak belajar dan membaca. Saya melihat blogger yang memiliki konsisten tinggi dan semangat yang luar biasa. Mungkin karena menulis blog adalah salah satu hobi mereka.


Namun, saya lama kelamaan jadi jatuh cinta dan nyaman menulis artikel. Artikel yang ditulis masih suka-suka dan se-random yang diinginkan. Belum punya konsep khusus, tapi saya berusaha membangun personal branding bahwa saya mom blogger.


Itulah kenapa di tahun 2024, saya berusaha dan mencoba bergabung di berbagai komunitas blogger. Salah satunya ikut serta OPREC ODOP ini. Alhamdulillah sudah memasuki hari ke 12, saya ikut tantangannya agar bisa menjadi bagian komunitas ODOP.


Semoga konsisten dan keinginan bulat bahwa saya ingin belajar lebih serius mengenai menulis blog dengan baik. Bisa berjalan dengan lancar. Bismillah semoga berhasil untuk tahun ini, belajar ngeblog dengan bimbingan ahlinya.


Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

10 komentar

  1. Alhamdulillah ya Kak. Semoga makin konsisten ngeblognya. Ngeblog itu seruu lho dan bisa jadi media untuk healing sekaligus menempatkan portofolio.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa baru sekarang ini ngerasain serunga ngeblog hehe

      Hapus
  2. Semangat terus kak!
    Semoga kakak bisa jadi blogger terhebat di tahun ini. Cuan pun mengalir desar. Keren kak bisa terus konsisten ngeblog dari 2 tahun lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin makasih yaa, walaupun 2 tahun itu juga naik turun semangatnya hehe

      Hapus
  3. Hasil akan datang bagi mereka yang konsisten. Semangat kak.

    BalasHapus
  4. Semangat kak, sama banget dengan saya yang ngeblog suka-suka. wkwk. sekarang mau mulai serius biar bisa lebih bermanfaat dan kalau ada yang kasih job Alhamdulillaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, semangaat juga ka, semoga jadi jalan rezeki juga

      Hapus
  5. 2 tahun menurut saya waktu lumayan untuk membangun konsistensi menulis apalagi melalui platform blogger. Alhamdulillah dengan semangat bisa tetap konsisten nge-blogger dan menebarkan manfaat bagi sesama terkhusus pembaca blog. Barakallah 🙏🏻💫

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.