mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Resep Sop Tulang Sapi Simpel Kesukaan Anak-anak

Konten [Tampil]

 

Resep sop tulang daging sapi

Belakangan ini saya suka merasa kebingungan memikirkan menu makan anak-anak di rumah. Tidak jarang saya perlu memasak beberapa menu untuk di rumah. Karena selera suami dan anak-anak cukup berbeda. Walaupun terkadang saya suka menyamakan menu makannya. Palingan suami mengalah untuk tidak makan makanan pedas. 

Yap, suami paling senang menu makanannya yang bersantan ataupun pedas. Pernah saya membuat menu dendeng batokok dengan porsi banyak, beliau tidak ada bosannya makan hingga 3 hari berturut-turut.

Berbeda dengan anak-anak cenderung lebih senang dengan menu makan bervariasi. Malahan menu makan pagi, siang dan malam terkadang beda semua. Kebayang dong saya harus memasak berapa kali sehari. 

Satu hal kebanggaan saya saat ini, anak-anak sudah doyan makan nasi dengan telur dadar saja. Kalau saya sedang kehabisan ide, menu dengan telur dadar menjadi jalan ninja. 

Tapi tidak mungkin ya mengandalkan telur terus jenis proteinnya. Sesekali kita perlu memberikan sumber protein hewani lainnya. Demi pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal. Sebenarnya anak-anak tidak terlalu doyan untuk makan daging sapi. Apalagi anak pertama saya, sama sekali tidak mau makan daging sapi. Saya sampai bingung alasan dia tidak suka daging sapi kenapa. Dari berbagai menu yang pernah saya bikinin, dia tidak tertarik.

Saya tidak kehabisan akal agar anak saya mengenal daging sapi. Saya mencoba membuat sop tulang daging sapi yang simpel. Tulang dan daging sapi dimasak untuk mendapatkan kaldunya. Jadi tetap bisa mendapatkan nutrisi dan lemak dari protein daging.

Resep tulang daging sapi menjadi andalan kesukaan anak-anak saat ini. Kuah yang gurih dan dinikmati selagi hangat membuat badan nyaman. Masakan ini juga menjadi menu wajib kalau anak sedang sakit. Karena kuah hangat yang penuh nutrisi ini bisa memberikan energi pada anak.

Nah, berikut resep dan proses pembuatannya ya.

Sop Tulang Daging Sapi Simpel

Bahan :

  • 1 / 2 kg Tulang daging sapi
  • 1 / 4 kg daging sapi giling
  • 2 buah kentang ukuran sedang, potong berbentuk dadu
  • 1 buah wortel sedang, potong berbentuk dadu samakan ukurannya dengan kentang
  • 3 Batang Seledri, potong kecil-kecil
  • 1 Batang daun bawang, potong kecil-kecil

Bumbu halus :

  • 8 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Lada bubuk

Bumbu lainnya :

  • 1 bungkus rempah sop, bisa beli kemasan sudah lengkap di pasar
  • 1 / 2 buah bawang bombay
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuatnya :

Siapkan tulang daging sapi yang sudah dipotong ukuran lebih kecil. Cuci bersih tulang daging sapi dari kotoran yang menempel. Masukan ke dalam panci yang sudah mendidih, pastikan tulang daging sapi teredam sempurna oleh air. Rebus kurang lebih 7 menit. 

Angkat panci berisi tulang daging sapi dari kompor. Buang air rebusannya dan cuci bersih tulang daging sapi dengan air mengalir. Cuci pancinya juga dari kotoran hasil rebusan tadi. Atau bisa menggunakan panci baru lainnya.

Siapkan panci berisi air, kemudian didihkan air. Apabila sudah mendidih, masukan 1 bungkus rempah sop ke dalam panci. Masukan daging tulang sapi yang sudah dilakukan rebusan pertama. Masak tulang daging sapi dengan api sedang cenderung kecil dalam keadaan panci tertutup.

Sambil menunggu tulang daging sapi mengeluarkan kaldu yang dihasilkan. Kita bisa menyiapkan bahan lainnya.

Siapkan wajan atau pan untuk menumis bumbu. Tuangkan sedikit minyak, nyalakan api kompor dengan api sedang. Apabila minyaknya sudah masak, tuangkan bumbu halus. Masak hingga bumbu halusnya matang dan mengeluarkan aroma wangi dari bawang. Lanjut, masukan bawang bombay yang sudah di iris tipis. Tumis sebentar hingga sedikit layu, tuangkan daging gilingnya. Masak hingga matang dan berubah warna. Apabila sudah matang,matikan kompornya.

Kita bisa melihat tulang daging sapi yang sudah direbus. Kira-kira membutuhkan waktu 30 hingga 45 menit. Sekiranya tulang daging sapinya sudah mengeluarkan kaldu minyak dari daging itu sendiri. Tuangkan sayuran yang sudah di cuci dan potong. Rebus kurang lebih selama 3 menit sampai sayurannya mulai lembut atau bisa di tusuk dengan garpu.

Setelah itu, tuangkan bahan yang sudah ditumis tadi ke dalam panci. Daging giling dengan bumbunya. Tambahkan daun seledri dan daun bawang. Tidak lupa memberikan bumbu untuk mendapatkan cita rasa yang enak. Seperti garam dan kaldu masak. Masak sop tulang daging sapi hingga matang.

Cicipi rasanya, sesuaikan gram dan rasa lainnya. Apakah sudah pas di lidah atau belum. Sajikan selagi panas dengan semangkuk nasi putih. Kalau untuk orangtua atau orang dewasa, bisa ditambahkan dengan irisan cabe rawit, bawang goreng.

Nah, itulah resep simpel dalam membuat masakan aku. Walaupun memerlukan waktu yang cukup lama agar mendapatkan kaldu yang banyak. Saya tidak pernah bosan memasaknya karena anak-anak lahap makan sop tulang daging sapi bersama nasi hangat.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar