mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Mengenal PAFI Kabupaten Gresik, Wadah Para Ahli Farmasi

Konten [Tampil]

 

Mengenal PAFI Kabupaten Gresik, Wadah Para Ahli Farmasi

“Profesi Apoteker adalah salah satu bagian penting dalam pelayanan kesehatan di Indonesia. Ia memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab penting di bidang kefarmasian.”

Mengenal Ahli Farmasi

Apoteker biasa disebut sebagai ahli farmasi. Ia adalah profesi di bidang kesehatan yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berhubungan dengan obat. Memastikan obat-obat yang akan digunakan oleh pasien aman dan sesuai dengan dosis yang diperlukan.

Seorang yang ingin menjadi ahli farmasi perlu menempuh pendidikan yang cukup. Dimulai mengikuti program studi farmasi hingga dinyatakan lulus untuk mendapatkan gelar sarjana farmasi. Kemudian melanjutkan kembali pendidikan profesi apoteker hingga lulus untuk mendapatkan gelar sebagai ahli farmasi.

Peran Ahli Farmasi

Pafi kabupaten gresik

Peran ahli farmasi sangat dibutuhkan pada fasilitas kesehatan di Indonesia. Agar dapat memberikan pelayanan bidan kefarmasian dengan baik untuk masyarakat. Karena industri farmasi merupakan salah satu peran vital dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Ahli farmasi bekerja sama dengan dokter dan perawat untuk memastikan keamanan dalam pelayanan kesehatan dengan baik. Memastikan bahwa pengelolaan obat-obatan yang digunakan aman. 

Selain itu, ahli farmasi juga dapat menerima konsultasi pasien mengenai penggunaan obat yang akan digunakan, efek samping yang ditimbulkan, dan meracik obat yang dibutuhkan. Peran ahli farmasi juga mengeluarkan resep obat sesuai dengan petunjuk dokter. Agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tugas dan Tanggung Jawab Ahli Farmasi dalam bidang Kesehatan

Setelah mengetahui pentingnya peran ahli farmasi, alangkah baiknya kita lebih mengenal tugas dan tanggung jawab para ahli farmasi, antara lain :

  • Menyiapkan dan menyediakan obat 
  • Memiliki wewenang dalam meracik obat
  • Mengeluarkan resep obat sesuai petunjuk dokter
  • Mengelola, menyediakan persediaan obat di fasilitas kesehatan dengan baik
  • Menyimpan dan mencatat stok obat-obatan
  • Memberikan informasi dengan tepat tentang penggunaan obat, dosis obat yang akan digunakan, efek samping, dan lainnya

PAFI Wadah Para Ahli Farmasi

Indonesia memiliki organisasi yang menjadi wadah bagi para ahli farmasi yaitu Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). Organisasi ini dibentuk untuk mengembangkan potensi dalam bidang farmasi di Indonesia. 

Sejarah PAFI di Indonesia

Ahli farmasi di Indonesia sudah ada sejak kemerdekaan Republik Indonesia. Karena dalam bidang farmasi ini memegang peran penting untuk berjuang memajukan masyarakat Indonesia. Bidang farmasi ini merupakan potensi pembangunan yang tidak pernah absen mendukung kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, tanggal 13 Februari 2024 di Yogyakarta terbentuklah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia.

Kabupaten Gresik, salah satu kabupaten di Jawa Timur yang juga memegang peran penting dalam bidang ini. PAFI hadir untuk mendukung visi dan misi dalam kesejahteraan kesehatan masyarakat Indonesia. Visi dan misi tersebut adalah meningkatkan ahli farmasi atau apoteker yang profesional, berintegritas dan kompetensi tinggi di dalam bidangnya.

PAFI Kabupaten Gresik

Peran ahli farmasi semakin kesini cukup signifikan menunjukan eksistensinya dalam bidang kesehatan. PAFI kabupaten Gresik hadir tidak hanya fokus meningkatkan kemampuan kompetensi para ahli farmasi, namun memiliki kontribusi langsung kualitas dan kuantitas pelayanan bidang farmasi dan kesehatan masyarakat.

PAFI kabupaten Gresik sudah banyak melaksanakan program unggulan yang memberikan dampak positif pada masyarakat. Seperti pelayanan apotek keliling, edukasi kesehatan ke sekolah, workshop mengenai peningkatan kompetensi, seminar kefarmasian, ikut serta dalam rapat kerja nasional PAFI, dan beberapa kegiatan lainnya tentang penyuluhan kesehatan pada masyarakat luas.

PAFI kabupaten Gresik ikut berupaya dalam perkembangan dan beradaptasi dalam perkembangan zaman di bidang kesehatan. Melalui kontribusi dan kolaborasi yang erat antar sesama anggota dan pihak terkait, PAFI kabupaten Gresik terus berupaya untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan masyarakat.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar