mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Ngeblog dengan Konsisten, Inilah Sosok Maria Tanjung Menulis

Konten [Tampil]
Ngeblog dengan Konsisten, Inilah Sosok Maria Tanjung Menulis

Blogger adalah seseorang yang mengelola sebuah website blog untuk menuangkan ide-ide dalam tulisan. Untuk menjadi seorang blogger perlu belajar dan menikmati setiap prosesnya. Memang tidak mudah, namun konsisten adalah kunci dari keberhasilan.

Saya menyadari untuk belajar menjadi blogger tidak bisa sendiri. Saya membutuhkan teman, guru sebagai support system didalamnya. Salah satunya, memutuskan bergabung dalam komunitas blogger.

Bergabung dalam komunitas merupakan langkah tepat untuk memiliki relasi sesama blogger. Selain itu, kita akan mendapatkan manfaat dari bergabung komunitas blogger. Saya sendiri mulai merasakan manfaatnya. Berkenalan dengan teman sekaligus guru yang sudah lebih lama menjalani profesi sebagai blogger. 

Seorang blogger surabaya, maria tanjung menulis istri rumah tangga yang memutuskan resign setelah 13 tahun bekerja kantoran. Dengan serius, beliau menekuni dunia blogging hingga sekarang. Yuk kita berkenalan lebih banyak tentang beliau.

Lebih Dekat dengan Maria Tanjung Menulis

Maria Tanjung Sari merupakan nama lengkap dari sapaan mariatanjungmenulis. Lahir di kalimantan selatan, beliau berhasil keluar dari zona nyaman pekerja kantoran. Sekarang fokus mendalami profesi sebagai blogger surabaya.

Beliau sudah menulis blog sejak 2019, kemudian bergabung di komunitas ODOP september 2019. Beliau memutuskan mulai menulis blog karena ingin mencari kesibukan di waktu sela-sela bekerja.

Keputusan terjun di dunia kepenulisan awal dari kesuksesannya saat ini. Tidak hanya memiliki blog pribadi tapi terjun juga menjadi penulis buku. Menulis beberapa buku antologi menjadi pilihannya. Setelah melihat manfaat yang didapatkan, akhirnya beliau fokus menjadi blogger.

Sebagai Sumber Penghasilan

Saat pandemi 2020, banyak sekali yang terkena dampak dalam pekerjaannya. Termasuk suami dari mbak maria ini. Karena itu, beliau mulai belajar blogging agar bisa mendapatkan penghasilan.

Awalnya menulis blog dengan modal blog gratis yang banyak disediakan jasa blog. Beliau pun memberanikan diri untuk membeli domain blog Top Level Domain (TLD) agar dapat dimonetisasi mendapatkan penghasilan.

Kenyataan, hasil tidak akan mengkhianati dari proses dan perjuangan yang telah dilakukannya. Alhamdulillah sejak 2020, blog yang dimiliki mbak maria mulai menghasilkan uang.

Belajar Ilmu Blogging Setiap Ada Kesempatan

Saat saya bertanya pada mbak maria bagaimana bisa mencapai jadi blogger sampai saat ini. Ternyata beliau tidak hanya secara otodidak belajar blogging, tapi mengikuti kegiatan yang diadakan oleh komunitas yang diikutinya. Selain itu, sempat mengikuti kelas khusus SEO.

Beberapa komunitas seringkali mengadakan berbagai kegiatan dan kelas gratis untuk blogger pemula. Bagi mereka yang ingin mengembangkan skill blogging, ini menjadi kesempatan baik untuk diambil.

Konsisten Menjadi Kunci Sukses Blogger

Untuk menjadi blogger yang sukses dan berhasil perlu beberapa modal yang perlu dilakukan. Ketika serius menjadi blogger, tidak ada salahnya membeli domain terlebih dahulu. 

Membangun jejaring dan relasi menjadi langkah selanjutnya yang perlu dilakukan. Dengan apa lagi kalau bukan bergabung komunitas blogger. Memang komunitas blogger menjadi wadah penting untuk kita berkembang dan sukses.

Di dalam komunitas tidak perlu merasa takut dan malu untuk bertanya mengenai ilmu blogging. Namun, pesan dari mbak maria jangan lupa untuk selalu menyimak apabila ada yang berbagi informasi atau sharing. 

Ketika ingin menekuni profesi blogger, butuh ketelatenan dalam proses membangun diri atau personal branding sebagai blogger.  Tentu saja, konsisten menjadi kunci utama dalam keberhasilan. Walaupun sedang tidak memiliki job, bukan berarti malas atau tidak menghasilkan sebuah karya. Setidaknya buatlah 4 artikel dalam sebulan untuk mengisi blog yang sudah dimiliki.

Agar bisa dikenal sebagai blogger artinya perlu membangun diri dengan baik. Bisa dengan berbagai cara antara lain menulis artikel yang bermanfaat secara berkala, share tulisan yang telah dibuat melalui sosial media. 

Setiap orang yang mau menjadi blogger pasti ingin berhasil dan sukses. Walaupun setiap orang memiliki motivasi yang berbeda saat memulainya. Karena pekerjaan blogger bersifat freelance yang memiliki penghasilan tidak tetap. Tapi semangat untuk menulis artikel tidak boleh kendur. Terus berbagi dan menghasilkan karya terbaik versi kalian.

Penutup

Mariatanjungmenulis menjadi salah satu blogger inspirasi yang sukses karena konsistennya. Beliau memberikan pesan bahwa ilmu blogging merupakan salah satu trend dunia digital saat ini. Dunia digital akan terus berkembang seiringnya waktu berjalan, kita harus bisa melihat peluang yang ada dan memiliki kreatifitas yang cukup, Karena ilmu blogging masuk dalam pekerjaan digital kreatif.

Seru sekali saya bisa berkenalan dan menulis tentang mbak maria yang sukses dalam dunia blogging. Apalagi beliau sudah memiliki beberapa blog dan aktif menulis juga di UGC. Semoga saya bisa konsisten dan sukses seperti mbak maria. Semoga artikel kali ini mendatangkan manfaat yaa. Amiin.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

5 komentar

  1. Keren sekali. Saya suka alasan beliau yang meski tidak sedang ada job, bukan menjadi alasan untuk tidak menciptakan karya

    BalasHapus
  2. Rahasianya konsisten dan terus belajar yaa. Apalagi ilmu ngeblog juga makin berkembang jadi kalau mau diseriusin ya wajib dipelajari terus.

    BalasHapus
  3. Aamiin Kak Ami semoga impiannya bisa tercapai. Konsisten ternyata jadi kunci utama ya. Kalau blog TLD itu dapatnya dari mana Kak?

    BalasHapus
  4. Apapun yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti membuahkan hasil ya, termasuk nulis blog.

    BalasHapus
  5. Masyaallah, semangat menulis hingga menjadi seorang blogger yang dimiliki oleh Kak Maria sangat menginspirasi sekali dan memang benar usaha tidak akan mengkhianati hasil.

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.