mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Blogger Pemula Wajib Gabung di Komunitas Blogger dan Dapatkan Manfaatnya

Konten [Tampil]

 

Manfaat komunitas blogger

Seorang ibu rumah tangga yang baru mulai menulis blog menjadi tantangan tersendiri. Tentu banyak harapan yang ingin didapatkan ketika memiliki sebuah blog. Walaupun perlu perjuangan yang besar untuk mendapatkan hasil terbaik.

Dulu blog ini memang dibuat untuk ngeblog suka-suka. Menulis apa saja agar aku nggak jenuh dengan aktivitas. Eh makin kesini jadi makin kecanduan, kalau belum menulis satu artikel rasanya ada yang kurang.

Aku memulai membuat blog gratisan dari blogspot yang dibuat secara otodidak dan sekedarnya saja. Blog ini awalnya nggak ada arah mau dibawa kemana. Tapi, aku berpikir nggak mungkin dipakai untuk curhat saja ya kan. 

Aku pun jadi ingin lebih serius untuk menjadi blogger. Agar menjadi seorang blogger artinya aku perlu membangun personal branding dengan baik. Membangun blog yang berkualitas dan bermanfaat, bukan sekedar curhatan. 

Aku berpikir bagaimana caranya aku bisa membangun blog dari nol dengan baik ya. Akhirnya, aku mencoba mencari informasi tentang komunitas blogger yang ada di Indonesia. Aku rasa perlu memiliki lingkungan pertemanan sesama blogger. Daripada belajar sendiri, menulis sendirian rasanya akan cepat jenuh dan bosan.

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah organisasi yang dibentuk dari para blogger yang memiliki kesamaan untuk membangun blog. Karena memiliki kesamaan maka bisa menjadi support system dalam dunia blogging. 

Bergabung di komunitas blogger merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan. Apalagi aku masih sangat baru di dunia blogging, masih sangat memerlukan guru untuk belajar. Tidak akan ada ruginya kalau mencoba bergabung di komunitas blogger. Nah, berikut beberapa manfaat yang didapatkan bagi blogger pemula bergabung di komunitas blogger, antara lain :

1. Menambah Pengetahuan Tentang Blog

Sebagai pemula dalam dunia blogging akan memiliki sedikit kesulitan mencari ilmu baru. Walaupun melalui google sudah banyak informasi yang bisa didapatkan. Mungkin sebagian orang bisa belajar secara otodidak langsung menjadi mahir. Namun, tidak ada salahnya menambah pengetahuan tentang blog dari seseorang yang mengalami pengalamannya sendiri. Sehingga bisa mendapatkan kesan nyatanya. Maka, cara ampuh untuk bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang blog dari pengalaman orang lain dengan bergabung dalam sebuah komunitas. 

2. Menambah Teman dan Relasi

Manfaat dan nilai tambah dari bergabung di komunitas blogger adalah mendapatkan teman baru dan relasi sesama profesi blogger. Dimana kalau mengalami kesulitan terkait blog, bisa saling membantu satu sama lain. Bukan hanya sharing pengalaman tentang blog saja, bahkan bisa jadi teman jalan ataupun ngobrol santai bareng-bareng untuk mengisi waktu luang.

3 .Promosi dan Branding Blog

Kalau bergabung di komunitas blogger bisa dengan mudah melakukan promosi blog. Kita bisa share link artikel yang baru kita posting ke group. Dan meminta pada member yang berkenan untuk support klik artikel yang kita posting.

Namun, biasanya agar tidak mengalami ketidakteraturan dalam grup WhatsApp. Akan dibuatkan jadwal untuk blogwalking sesama member komunitas. Setiap hari dalam jadwal blogwalking akan ada ketentuan jumlah member yang bisa list artikel yang ingin di support. Support yang diberikan dengan memberikan komentar pada artikel.

Kegiatan ini tentu saja memberikan manfaat besar pada blog kita. Karena blog kita akan mendapatkan kunjungan dan sebuah komentar. Tentu akan menambah nilai tambah untuk blog kita. 

4. Sumber Ide dan Inspirasi Menulis

Tidak jarang untuk membuat sebuah tulisan mengalami kebingungan. Kebingungan ide tulisan selanjutnya yang akan dibuat apa. Dengan bergabung di komunitas grup blogger bisa menjadi salah satu sumber ide dan inspirasi menulis artikel. 

Kok bisa ya? 

Sebenarnya ide dan inspirasi sebuah tulisan bisa didapatkan dari mana saja sumbernya. Mulai dari kegiatan sehari-hari, kejadian yang dialami, ataupun masalah yang sedang dihadapi. Tidak menutup kemungkinan saat berinteraksi sesama member komunitas bisa menjadi sumber ide dan inspirasi juga. Atau saat melakukan blogwalking membaca artikel member lain bisa menjadi sumber ide tulisan. Tapi perlu diingat ya, hal ini untuk mendapatkan ide tulisan versi terbaik kita. Bukan berarti harus sama persis pembahasannya.

5. Peluang Mendapatkan Job

Apalagi tingkat kebahagian menjadi blogger selain bisa mendapatkan cuan alias peluas mendapatkan job. Biasanya sebuah komunitas blogger melakukan kerjasama dengan beberapa brand untuk diajak kolaborasi. Dari sana bisa menjadi peluang yang cukup besar. Tentu akan ada persaingan tapi hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Karena kalau memang jalan rezeki kita, insya Allah akan mudah mendapatkan job yang sedang berlangsung.

Nah, dari 5 manfaat bergabung komunitas blogger, pada bagian terakhir tentunya jadi nilai tambah yang banyak. Selain itu, bisa menjadi pengalaman yang berharga ketika tekun melakukannya. 

Lalu bagaimana dengan teman-teman? Manfaat apa saja yang sudah didapatkan ketika bergabung di komunitas blogger? Yuk coba sharing di kolom komentar ya.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

11 komentar

  1. Bener banget Kaak, saya juga merasa terbantu dengan bergabung di komunitas blogger. Adakah rekomendasi komunitas apa saja yang cocok untuk pemula?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyaak kok mbak, blogger perempuan, kumpulan emak2 blogger, itu yg aku sudah gabung

      Hapus
  2. Dengan bergabung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama, maka kita akan lebih bersemangat dan bisa belajar lebih banyak. Tulisannya bagus kak

    BalasHapus
  3. Yesss Kak. Kalau ada job-job kebanyakan didapat dari WAG blogger dan alhamdulillah fee juga lumayan. Di komunitas blogger seru sih karena bisa ketemu banyak blogger dari seluruh Indonesia, jadi nambah networking.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, yang penting aktif dan suka menyimak info yang ada

      Hapus
  4. Memang seru banget kalau gabung dengan komunitas blogger. Bisa jadi penyemangat nulis, nambah temen, nambah cuan juga. Heheh

    BalasHapus
  5. Memang seru gabung komunitas blogger. Dapat banyak temen, bikin semangat nulis, bisa jadi jalur datangnya cuan juga. Hehehe

    BalasHapus
  6. Benar kak dengan gabung di komunitas setidaknya kita bisa konsisten menulis

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.