mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Insomnia Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Konten [Tampil]

 

Insomnia Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Pada kehamilan ketiga sering kali saya mengalami insomnia atau kesulitan tidur saat malam hari. Sebenarnya bukan keinginan saya juga tidak tidur saat malam. Tapi entah kenapa untuk memejamkan mata itu sulit sekali. Apakah Moms juga pernah mengalaminya saat hamil? Sebenarnya apa ya penyebabnya? Dan bagaimana mengatasinya? Yuk kita bahas pada artikel kali ini.

Mengenal Insomnia

Insomnia adalah kondisi seseorang yang mengalami masalah waktu tidur malam. Mulai kesulitan tidur, atau tiba-tiba terbangun terbangun di tengah malam dan tidak bisa melanjutkan tidur lagi.

Insomnia menjadi keluhan yang biasa dialami oleh para ibu hamil. Sering kali ibu hamil merasa tidak nyaman dengan kondisi ini. Rasa lelah dan kantuk sudah muncul, tapi merasa sulit untuk tidur lelap. Apabila kesulitan tidur saat malam hari, tidak perlu khawatir sebenarnya. Moms bisa menggantinya dengan waktu tidur di siang hari. Walaupun tetap ada rasa tidak nyaman.

Penyebab Insomnia Pada Ibu Hamil

Insomnia lebih sering dialami oleh ibu hamil di trimester 1 dan trimester 3. Saat awal kehamilan kesulitan tidur biasanya karena kondisi mual muntah yang nyaman. Sedangkan, saat trimester 3 kondisi perut sudah membesar sulit mendapatkan posisi yang nyaman. Nah, masih ada beberapa penyebab insomnia pada ibu hamil, antara lain :

  • Perubahan Hormon
  • Mual muntah
  • Gangguan Pencernaan
  • Sering buang air kecil
  • Gerakan janin membuat rasa tidak nyaman
  • Nyeri punggung
  • Mengalami kram tangan dan kaki
  • Perut yang semakin membesar
  • Kecemasan karena memikirkan masa kehamilan dan proses persalinan nanti

Cara Mengatasi Insomnia Saat Hamil

Hamil itu merupakan proses alami yang dialami para ibu. Pada kehamilan, tubuh ibu mengalami banyak perubahan secara fisik, hormon maupun psikis. Maka sering terjadi masalah tidur pada ibu hamil. Saya sendiri mengalaminya kondisi tersebut, karena perlu adaptasi selama proses kehamilan ini. Agar tidak berkelanjutan terus menerus sulit tidur, perlu cara mengatasi insomnia saat hamil dengan baik. Hal itu juga bertujuan agar tubuh ibu tetap sehat selama hamil. 

Untuk mengatasinya, moms bisa mencoba beberapa tips berdasarkan pengalaman yang pernah coba, antara lain :

1. Cari Posisi Tidur yang Nyaman

Perut membesar saat hamil memang membuat tidur menjadi serba salah. Tidur telentang bisa membuat sesak napas karena tertekan, miringkan badan kadang membuat bagian punggung sakit, dan rasa tidak nyaman lainnya. Moms bisa cari posisi tidur ternyaman versi sendiri. 

Posisi tidur hamil akan lebih nyaman apabila dengan miring. Solusinya bagian punggung agar tidak sakit, bisa dengan diganjal bantal ataupun guling. Posisi kaki bagian atas ditekuk 90 derajat, sedangkan kaki satunya yang bagian bawah lurus. Posisi ini bisa menjadi solusi ibu hamil tetap nyaman untuk tidur.

2. Buat Jadwal Tidur

Salah satu cara mengatasi Insomnia saat hamil adalah buat jadwal tidur dengan baik. Buat jadwal sebagai komitmen kapan seharunya moms segera pergi tidur. Jam berapa saja untuk jadi target moms. Termasuk jadwal tidur siang. Tidur siang tetap dibutuhkan ibu hamil, agar tidak mengalami kelelahan.

Selain itu, cobalah mengatur kebiasaan aktivitas yang akan dilakukan sebelum tidur. Sebaiknya menghindari screen time satu jam sebelum tidur. Agar tubuh dan mata sudah beristirahat dari cahaya biru yang dipancarkan dari gadget.

3. Olahraga 

Aktivitas olahraga tetap dibutuhkan oleh ibu hamil. Bukan berarti kondisi hamil lebih banyak berdiam diri, rebahan atau malas-malasan. Cobalah cari olahraga yang ringan dan aman untuk ibu hamil. Misalnya senam dan yoga hamil. Baut jadwal dan biasakan berolahraga setiap hari minimal 15 menit. Apabila merasa berat untuk olahraga, bisa diganti dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Olahraga dapat membantu tubuh lebih bugar, sehingga kualitas tidur ibu hamil akan lebih baik. Selain itu, olahraga juga dapat mengatasi permasalahan yang sering terjadi pada ibu hamil. Seperti sakit kepala, nyeri punggung, dan kram kaki. 

4. Jaga Asupan Nutrisi Tubuh

Menjaga asupan nutrisi tubuh juga diperlukan untuk ibu hamil. Konsumsi makanan sehat dan seimbang setiap hari. Cukupi cairan tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Hindari makanan yang mengandung tinggi kafein. Agar tidak mengalami gangguan tidur.

5. Coba Melakukan Relaksasi

Biasanya ibu hamil suka mengalami kecemasan dan rasa tidak tenang. Banyak hal yang dipikirkan oleh ibu hamil. Dari kekhawatiran apakah keadaan janin sehat di dalam rahim, memikirkan kebutuhan bayi nanti, bagaimana proses kelahiran nanti yang akan dihadapi. Oleh karena itu, ibu hamil tidak ada salahnga mencoba melakukan relaksasi saat malam hari sebelum tidur. Saat ini, sudah banyak panduan rekamanan untuk relaksasi mandiri di rumah.

Penutup

Insomnia saat hamil perlu segera diatasi dengan baik. Kalau tidak akan berdampak pada kesehatan ibu hamil. Ibu hamil penting menjaga kesehatannya demi pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. Sebab tubuh ibu hamil membutuhkan istirahat yang cukup. 

Oleh karena itu, apabila ibu hamil mengalami insomnia atau gangguan tidur segeralah mengatasinya dengan berbagai cara. Moms bisa mencoba cara dari beberapa yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika belum terhasil, segeralah konsultasi pada dokter.

Referensi :

https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/masalah-kehamilan/insomnia-saat-hamil/

https://www.bidankita.com/insomnia-saat-hamil/


Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

6 komentar

  1. Kerasa banget insomnianya pas hamil trimester ketiga karena badan tambah berat, nafas hampir engap, keringetan terus.

    Oh ya ada bantal khusus untuk ibu hamil dan bantu banget untuk ganjel punggung, jadi bisa lelap tidurnya dan enggak lagi insomnia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh sekarang ada ya bantal khusus ibu hamil, baru tau aku hehe
      makasih infonya mbak

      Hapus
  2. Tipsnya sangat bagus. Sangat membantu para ibu hamil yang mengalami insomnia. Terima kasih Kak atas informasinya

    BalasHapus
  3. Menjadi ibu hamil tidak mudah, perlu dukungan dan bantuan terutama dari suami. Dan tips dari artikel ini tentu sangat membantu.

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.