mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Alasan Ikut Menulis bersama Komunitas One Day One Post

Konten [Tampil]

 

Alasan Ikut Menulis bersama Komunitas One Day One Post

Alasan awal aku menulis adalah untuk berbagi cerita perjalanan dan pengalaman yang lalui setiap hari. Karena seneng banget suka update keseharian dari hal spele di media sosial. Terpikir lah, kenapa nggak menulis semacam jurnal. 

Sewaktu masih sekolah aku juga termasuk senang menulis buku harian. Senang menulis kejadian apa saja yang dilewatin hari itu. Secara tidak sadar ternyata menulis menjadi bagian hal terpenting bagiku.

Menulis Bersama Komunitas One Day One Post

Aku mulai mengenal komunitas blogger yang ada di Indonesia. Satu persatu setiap komunitas blogger, aku mencoba mencari tahu bagaimana bisa bergabung untuk menjadi anggotanya.

Komunitas One day One Post merupakan komunitas yang sudah lama aku tungguin untuk bisa bergabung. Pendaftaran untuk bisa gabung di komunitas ini hanya dilakukan satu tahun sekali. 

Pada tahun 2024 ini, Alhamdulillah aku dapat kesempatan untuk bisa mengikuti serangkaian acaranya. Saat ini, aku sudah memasuki pekan ke-4 dalam kegiatan Open Recruitment One Day One Post (OPREC ODOP). Tidak menyangka bisa bertahan sampai pekan ini. Tentu banyak waktu, usaha dan perjuangan yang dikorbankan.

Kenapa Ikut Menulis Bersama Komunitas One Day One Pos?

Pertanyaan sebelum aku memutuskan untuk mengikuti serangkaian acara yang diadakannya. Aku terus bertanya pada diri sendiri, kenapa mau menulis bersama komunitas ODOP?

Padahal kalau mau menulis artikel bisa aja langsung nulis sendiri. Kan sudah punya blog sendiri, tema yang ingin ditulis juga bisa disesuaikan. 

Faktanya, sebelum aku memutuskan menulis bareng komunitas One Day One Post. Aku lebih banyak malas menulis dan punya pemikiran ‘besok lagi aja deh nulisnya’. Pada akhirnya berantakan, semua ide tema ataupun judul untuk ditulis hanyalah jadi draft yang menumpuk tanpa ada kelanjutannya. 

Setelah memantapkan hati dan meyakinkan diri bahwa aku memiliki niat yang cukup besar dalam dunia kepenulisan. Aku berani mendaftarkan diri pada OPREC ODOP. 

Awalnya memang merasa terseret-seret sama waktu, kebingungan mau nulis apa. Tapi sejalannya waktu aku bisa menjalankannya dengan baik. Oleh karena itu, inilah alasan aku ikut menulis bersama komunitas One Day One Post :

1. Agar Bisa Konsisten Dalam Menulis

Menulis itu merupakan hal yang mudah dilakukan, namun sulit dilaksanakan. Eh maksudnya bagaimana? 

Sebenarnya menulis itu mudah saja, karena apa saja yang ada dipikiran kita. Kita sudah bisa menulis. Tidak harus menulis hal yang terlalu berat, berteori, atau yang bukan kita ketahui. Cukup menulis yang ada dipikiran saat itu bisa saja langsung dilakukan.

Tapi semuanya sulit dilaksanakan apabila tidak ada tekad besar dan komitmen dalam menulis. Maka, aku ikut menulis bersama komunitas One Day One Pos agar bisa konsisten dalam menulis. Apalagi kegiatan yang harus dilakukan sebelum menjadi anggota, kami di wajibkan untuk menulis satu artikel setiap hari.

Untuk bisa mencapai goals menjadi anggota komunitas ODOP tentu perlu konsisten dalam menulis. Secara tidak langsung, karena paksaan dan kewajiban yang harus dilakukan. Akan terbiasa konsisten menulis setiap hari.

2.Menulis Sebagai Tempat Berbagi Cerita

Menulis menjadi cara bagiku untuk berbagi cerita yang aku alami. Tidak semua orang secara langsung bisa mendengarkan cerita ataupun pengalaman yang kita lalui. Tapi sebagai wanita kewajiban dalam mengeluarkan 20ribu kata setiap hari harus dilakukan. 

Dari pada menjadi beban dan pikiran jadi overthinking atau kemana-mana. Menulis menjadi solusi yang tepat bagiku. Mungkin tidak sekarang dan secara langsung mengetahui cerita yang aku alami. Tapi suatu saat nanti karena rekaman jejak digital ini, semua orang tau cerita yang aku alami. Tentunya aku berharap bisa jadi pelajaran untuk para pembacanya.

3. Sebagai Waktu Me Time

Statusku yang menjadi ibu rumah tangga menjadi kesulitan untuk mendapatkan waktu me time. Apalagi kalau mau me time yang keluar rumah sendirian. Menjadi kesempatan emas jika aku mendapatkan hal itu.

Namun, aku menyadari keadaan saat ini yang tidak memungkinkan untuk bisa hangout atau jalan-jalan sendiri. Aku pun menurunkan ekspetasi mengenai waktu me time. Saat ini, aku bisa menulis cerita menggunakan handphone ataupun laptop dalam waktu 1 jam dengan tenang. Hal itu menjadi waktu kebahagiaan tersendiri untuk diriku.

4. Menambah Relasi

Alasan lainnya aku ikut menulis bersama komunitas One Day One Post adalah untuk menambah pertemanan dan relasi. Yah, walaupun saat ini hanya bisa berteman, berkomunikasi secara online. Aku cukup senang bisa menambah pertemanan. Apalagi dengan ikut komunitas berarti di dalam group itu akan banyak sekali orang-orang yang lebih lama jam terbangnya dalam dunia kepenulisan. Bisa saja mereka menjadi guru dan panutan untuk bisa lebih baik.

5. Menulis Bisa Menjadi Sumber Penghasilan Tambahan

Alasan lainnya aku menulis adalah menjadi sumber penghasilan tambahan. Setelah mengetahui bahwa menulis artikel di blog bisa mendapatkan penghasilan, aku sangat tertarik. Apalagi ibu rumah tangga seperti aku, bisa menulis karena hobi dan bisa menghasilkan menjadi nilai tambah. 

Walaupun masih dalam merintis dan tahap awal. Belum banyak penghasilan yang didapatkan. Tapi aku tidak pantang menyerah. Terus mencoba semua kesempatan yang hadir di depan mata.

Penutup

Jadi alasan menulis bagi diriku bukan hanya sekedar menulis saja. Namun dapat memberikan banyak manfaat. Semoga langkah yang aku ambil saat ini, menjadi awal kesukseksan kelak dalam dunia kepenulisannya. Tidak ada salahnya kita berharap. Namun tidak lupa terus berusaha, menambah skill atau kemampuan dan mencoba berbagai kesempatan dalam dunia kepenulisan. 

Inilah alasan aku iku menulis bersama komunitas One Day One Post. Bagaimana apakah kamu juga tertarik untuk ikut?

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar