mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

8 Fakta Menarik dan Unik di Kota Batam

Konten [Tampil]
8 Fakta Menarik dan Unik di Kota Batam

Kota Batam, terletak di kepulauan riau, Indonesia. Menjadi salah satu tujuan kota untuk para perantau. Saya merupakan salah satu perantau yang tinggal di Batam. Banyak orang yang bilang kalau sudah minum air Batam, tidak mau kembali lagi ke kota asalnya. Entah itu mitos atau fakta, tapi lucunya suami saya juga betah tinggal di Batam.

Setelah beberapa lama tinggal di Batam, saya telah menyadari ternyata banyak sekali hal menarik dan unik yang hanya ada di Batam. Bahkan menjadi pengalaman pertama dirasakan, karena di tempat lain belum tentu ada. Bisa dibilang menjadi salah satu culture shock saat tinggal di Batam. Kira-kira apa saja hal menarik dan unik itu? Yuk simak sampai selesai ya.

1. Cuaca Tidak Menentu

Kalau tinggal di Batam jangan heran dengan cuaca yang terjadi setiap hari. Karena cuacanya tidak menentu dan seperti tidak mengikuti musim. Pagi hari disambut dengan matahari bersinar yang hangat, siapa sangka setengah jam kemudian awan hitam gelap datang dan hujan deras. Sebentar-sebentar panas tiba-tiba hujan. Awal pertama datang, saya mengalami kerusakan kulit kering sekali karena cuacanya tidak dapat didefinisikan dengan baik.

2. Teh Obeng hanya di Batam

Teh obeng hanya ada di Batam loh. Adakah yang tau teh obeng itu apa? 

Teh obeng adalah sebutan minuman es teh manis. Bukan teh dikasih obeng ya. Hehe. Jadi nama ini diambil dari serapan nama malayu. Untuk rasanya kurang lebih sama. Hanya penyebutannya saja. Sedangkan untuk teh hangat, disebutnya Teh O. Jangan sampai salah ya kalau kalian mampir di Batam, dan ingin membelinya.

3. Tempat Cuci Tangan dengan Teko

Jika kalian sedang makan di tempat makan atau restoran, jangan sampai meminum air yang ada teko yang sudah disediakan. Disini setiap meja makan sudah tersedia teko plastik besar berisi air. Ini adalah air digunakan untuk cuci tangan ya. Pertama kali, saya makan di luar pun juga salah mengira. Hampir saja meminum air untuk cuci tangan.

4. Pembangunan Infrastruktur Cepat 

Batam menjadi kota yang memiliki infrastruktur yang terdepan. Karena pemerintahan di Kota Batam memiliki tujuan untuk bisa memberikan fasilitas terbaik dan tidak kalah dengan negara tetangga singapura.

5. Bebas Stress Setiap Berpergian

Senangnya tinggal di Batam adalah kalian akan bebas dari stress setiap ingin berpergian. Karena kota Batam terkenal dengan bebas macet. Kenapa bisa begitu? Karena jalan disini memiliki 5 jalur. Jadi jalan rayanya langsung jalan raya besar. Namun, kalian harus lebih hati-hati. Karena jalan raya yang besar dan luas, banyak mengendarai kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

6. Jarang Ada Angkutan Umum

Kalau dulu saya tinggal di tangerang masih ada kendaraan umum kecil seperti angkot (angkutan antar kota). Tapi disini kalian jangan berharap ada angkutan seperti ini. Karena tidak ada. Namun, disini memiliki bus antar daerah yaitu bus trans Batam. Jadi kalau mau bepergian dekat seperti ke pasar dan tempat lain, lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Minimal memiliki kendaraan motor.

7. Melimpahnya Wisata Laut

Siapa yang tidak senang dengan wisata laut atau wisata pantai? Batam terletak di sebuah pulau dari kepulauan Riau. Jadi wajar saja memiliki wisata pantai yang melimpah. Keindahan dari pemandangan laut menjadi primadonanya Batam. Kalian bisa memilih pantai seperti apa yang ada disini, karena saking banyak pilihannya.

8. Surganya Barang Second Berkualitas

Batam menjadi tempat surganya barang second berkualitas. Mulai dari pakaian, barang elektronik, keperluan rumah tangga, hingga kendaraan. Karena batam menjadi tempat pengiriman barang second dari singapura. Negara singapura memiliki peraturan pada setiap barang yang sudah memiliki masa pemakaiannya sekitar beberapa tahun harus segera dibuang. Namun, bagi orang Indonesia ini menjadi lahan bisnis. Karena barang yang sudah tidak dipakai oleh singapura masih bagus dan layak dipakai.

Nah itulah fakta menarik dan unik yang ada di Batam berdasarkan pengalaman yang saya alami. Masih banyak hal lain yang menjadi pusat perhatian setiap tinggal di Batam. Dengan begitu Batam bisa menjadi pilihan tempat tinggal ataupun hanya sekedar liburan. 

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar